Bahaya Terlalu Sering Bermain Game bagi Kesehatan

Sebagian besar orang pasti menyukai kegiatan untuk bermain game, terutama bagi anak-anak karena bermain game sudah dianggap sebagai hiburan utama bagi mereka. Ada banyak jenis game yang dapat dimainkan dari game yang sederhana hingga game yang begitu canggih. Namun, apapun jenis game yang dimainkan terlalu sering dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Bahaya bermain game

1.    Obesitas

Terkadang ada beberapa game yang bermain game menjadikannya sebuah pelarian dan untuk menghabiskan waktu. Padahal ini berbahaya bagi kesehatan karena mereka menjadi obsesif ketika bermain dan menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari. Biasanya ketika bermain mereka cenderung akan mengkonsumsi camilan sebagai selingan. Terlalu sering mengkonsumsi camilan yang berkalori tinggi dan tidak melakukan aktivitas lainnya, tentunya dapat menimbulkan obesitas atau kelebihan berat badan.

2.    Depresi

Orang yang menghabiskan waktu seharian untuk bermain game akan memisahkan hidupnya dari kehidupan nyata dan kehidupan sosialnya sehingga dapat meningkatkan resiko depresi.

3.    Mempengaruhi Kesehatan Mata

Terlalu lama bermain game dapat membuat mata menjadi kering dan panas sehingga dapat menimbulkan iritasi mata bahkan dapat memicu adanya penyakit mata lainnya seperti rabun dekat maupun rabun jauh.

4.    Kesehatan Otot Memburuk

Terlalu sering bermain game dapat memperburuk kesehatan otot karena tubuh jarang diajak untuk bergerak dan berolahraga.

5.    Mudah Lelah

Jika terbiasa bermain game setiap harinya karena harus menjalankan aktivitas tertentu tubuh menjadi mudah lelah. Hal tersebut disebabkan karena tubuh jarang dilatih untuk bergerak.

Sebenarnya tidak ada larangan untuk bermain game, asalkan tetap bermain dalam waktu yang sewajarnya yaitu maksimal 2 jam setiap harinya. Selain itu, tetap perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi serta usahakan untuk tetap berolahraga secara teratur. (Baca juga: Bahaya Makan Lalapan Mentah bagi Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D