Tips Diet untuk Penderita Diabetes Mellitus

Gula merupakan makanan yang paling dihindari oleh penderita diabetes. Sehingga banyak orang yang menghindari mengkonsumsi gula berlebih. Sebab, banyak orang yang berargumen jika terlalu banyak gula dapat menimbulkan penyakit diabetes dan malah memperburuk penyakit tersebut. Padahal mengkonsumsi gula tidaklah dapat menimbulkan penyakit diabetes, namun apabila berlebih dalam mengkonsumsi makanan yang manis malah dapat menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes melitus.

Para penderita diabetes memang memiliki batasan, terutama membatasi makanan yang dikonsumsi atau pola makan serta pola hidup sehari – hari. Karena batasan tersebut, bukannya menghindari atau tidak sama sekali mengkonsumsi gula. Jika hal tersebut dilakukan, maka akan dapat menimbulkan beberapa penyakit lainnya atau terjadi komplikasi. Namun yang paling penting adalah tidak mengkonsumsi gula atau makanan manis secara berlebihan.



Tips diet untuk penderita diabetes mellitus
Image Source: pixabay.com
Nah, berikut ini ada beberapa tips diet yang aman bagi penderita diabetes. Sehingga penderita diabetes tidak harus berhenti mengkonsumsi gula atau makanan manis. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Berikut ulasannya!
  • Jangan Sampai Kelaparan
Penderita diabetes tidak boleh kelaparan, sebab dapat membuat kadar gula darah menurun sehingga mengakibatkan beberapa macam komplikasi dan malah memperburuk keadaan. Konsumsi makanan sehat, tepat waktu, dan secukupnya jangan berlebihan. Bila perlu bisa juga mengkonsumsi camilan yang aman bagi penderita diabetes.
  • Makan Tepat Waktu
Selain tidak boleh merasa lapar, penderita diabetes harus makan sesuai jadwal atau secara teratur. Selain itu, perhatikan pula makanan yang dikonsumsi itu aman atau tidak bagi penderita diabetes melitus. Begitu juga dengan porsi makanan yang akan dikonsumsi. Usahakan tidak berlebihan dan berhentilah makanan apabila sudah merasakan kenyang.
  • Perhatikan Kandungan Gizi
Makanan merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan bagi penderita diabetes. Sebab, ada beberapa macam makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Seperti minuman bersoda, makanan ringan dan makanan cepat saji. Untuk itu, bagi penderita diabetes konsumsi makanan yang kaya akan protein yang banyak terdapat banyak pada jenis sayur, buah serta daging.

Selain itu, makanan yang tinggi akan serat juga baik bagi penderita diabetes. Sebab, makanan yang memiliki kadar serat yang cukup tinggi dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat penguraian glukosa dalam sistem pencernaan dapat lebih lama.
  • Membawa Makanan Manis
Pada umumnya penderita diabetes dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang manis – manis. Pada pembahasan kali ini, makanan manis malah cukup menjadi makanan yang penting untuk dibawa. Sebab, ada kalanya kadar gula dalam darah menurun atau bahkan anjlok drastis. Oleh karena itu, membawa makanan manis yang sehat merupakan hal yang bermanfaat dalam keadaan tertentu. Nah, karena itulah makanan manis atau gula tidak harus dihindari oleh penderita diabetes.

Selain itu, perhatikan pula mengkonsumsi makanan lainnya selain gula. Sebab, makanan yang berbahan tepung seperti roti, nasi atau makanan lainnya dapat berubah menjadi glukosa saat dicerna. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil.

Jadi, tidak selamanya makanan manis berbahaya bagi penderita diabetes apabila dikonsumsi dalam porsi yang wajar dan sehat. Selain gula atau makanan manis lainnya, menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tepung juga penting dilakukan. Supaya terhindar dari penyakit diabetes dan tidak memperburuk penyakit diabetes melitus. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Mengatasi Diabetes Mellitus )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D