6 Makanan Sehat Pencegah Diabetes Melitus

Makanan Sehat untuk Mencegah Diabetes Mellitus

Diabetes merupakan jenis penyakit yang di derita banyak orang akibat kadar gula dalam darah yang tinggi. Penyebab diabetes bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor, mulai dari pola hidup yang kurang sehat dan bisa juga karena faktor keturunan. Untuk itu perlu adanya pencegahan supaya terhindar dari penyakit diabetes.

Mencegah penyakit diabetes merupakan cara yang tepat untuk mengurangi resiko penyakit ini. Caranya dengan mengatur pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan yang terpenting pola makan yang baik. Makan makanan yang bergizi, rendah gula dan mempunyai indeks glikemik rendah. Nah, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat mencegah timbulnya diabetes.


Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes Melitus / Mencegah Penyakit Gula Darah

Makanan sehat pencegah diabetes melitus
Image Source: pixabay.com

1. Oatmeal

Dengan memakan bubur gandum atau oatmeal setiap hari dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan kandungan serat larut di dalam gandum, yaitu beta-glukan yang dapat memperlambat penyerapan gula dari makanan dan mengontrol gula dalam darah.

2. Sayuran Hijau

Sayuran yang mempunyai warna hijau gelap diketahui bisa mengurangi resiko terjangkit penyakit diabetes, seperti sawi, bayam, kubis, kale, brokoli dan selada. Jenis sayuran inilah yang dapat menambah tenaga, namun memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang rendah. Dengan memakan satu porsi sayuran hijau berupa salad atau sejenisnya dapat mengurangi resiko penyakit diabetes 14%.

3. Kacang – Kacangan

Dengan memakan jenis kacang – kacangan, seperti almond, mede, walnut dan jenis lainnya secara rutin, menurut sebuah penelitian dapat menurunkan resiko terkena diabetes sebanyak 21%.

4. Jeruk

Buah jeruk kaya dengan vitamin C yang selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat juga mencegah penyakit diabetes. Menurut penelitian, penderita diabetes memiliki kandungan vitamin C yang rendah dalam tubuhnya, sehingga untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tersebut dapat diperoleh dari buah jeruk.

5. Ikan

Jenis ikan tuna atau salmon yang kaya akan omega-3 dapat menambah sensitivitas insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga mampu mencegah resiko terkena diabetes. Selain itu, ikan juga merupakan sumber protein yang rendah lemak dan dapat mengurangi terjangkit penyakit kardiovaskular.

6. Putih telur

Telur merupakan jenis makanan yang mudah untuk didapat dan harganya yang cukup murah. Bagian putih telurnya jika di konsumsi secara rutin dapat mencegah penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan rendahnya kandungan karbohidrat dan adanya protein yang tinggi di dalam putih telur.



Demikian tadi, beberapa macam makanan sehat pencegah penyakit diabetes. Jadi, faktor makanan merupakan hal yang patut dijaga, dengan tidak memakan makanan yang sehat, agar terhindar dari penyakit diabetes yang bisa diderita siapa saja. Happy reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D