Perawatan untuk Kulit Kering & Sensitif

Kurangnya asupan cairan pada tubuh dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, kulit yang kering akan mudah retak sehingga menjadi gerbang masuknya kuman ke dalam tubuh dan dapat berpotensi terjadi infeksi. Hal tersebut sering dialami pada jenis kulit sensitif, untuk mengatasinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan perawatan kulit sensitif.

Perawatan untuk kulit kering & sensitif
Image Source: pixabay.com
1.    Pemilihan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit

Pemilihan sabun yang tepat penting dilakukan agar tidak mempengaruhi kondisi kulit, karena jika kotoran atau bakteri tidak terangkat maksimal, maka akan menyebabkan masalah gatal dan merah pada kulit yang akhirnya berujung pada iritasi kulit. Sebaiknya pilihlah sabun atau shower gel yang mengandung susu dan madu karena kandungan tersebut berguna untuk menjaga kelembaban kulit, menghaluskan kulit dan menyegarkan kulit.

2.    Perawatan kulit bagi kulit sensitif setelah mandi

Hal yang harus diperhatikan bagi pemilik kulit sensitif adalah memastikan bahwa tidak ada sisa sabun dan air yang masih bersembunyi di bawah lipatan-lipatan kulit seperti di bawah lengan, di belakang lutut, dan di sela-sela jari kaki dan tangan. Jika masih ada sisa air dan sabun, maka dapat menjadi sarang kuman untuk berkembang biak.

3.    Memberi nutrisi kulit dari luar untuk menjaga kelembaban

Biasanya, kulit kering dan sensitif akan lebih mudah kehilangan kelembaban alaminya sehingga diperlukan perawatan ekstra untuk menutrisi kulit seperti pemberian lotion atau cream pelembab supaya kulit tidak mudah bersisik. Waktu yang tepat untuk menggunakan cream atau lotion adalah setelah selesai mandi saat kulit masih dalam keadaan segar dan bersih sehingga cream yang digunakan dapat terserap sempurna.

Perawatan kulit untuk kulit kering dan sensitif tidak cukup hanya dengan dari luar saja karena harus tetap diimbangi dengan mencukupi asupan nutrisinya melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kapalan di Kulit Tangan & Kaki secara Alami)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D