Manfaat Puasa Sunnah Senin Kamis untuk Kesehatan

Berpuasa merupakan kebiasaan yang dilakukan untuk menjalankan kewajiban terhadap keyakinan yang dianut setiap orang karena dengan berpuasa dipercaya dapat menghapuskan dosa-dosa yang mereka lakukan. Disisi lain berpuasa juga dilakukan untuk menurunkan berat badan walaupun para ahli gizi tidak menganjurkan hal tersebut untuk diterapkan sebagai 
program diet. 
Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan
Image Source: pixabay.com
Berpuasa yang dilakukan sekali atau dua kali (Senin & Kamis) dalam seminggu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui lebih jelasnya mari simak informasi berikut karena pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai manfaat berpuasa sekali / dua kali dalam seminggu.

1. Menghilangkan Racun Di Dalam Tubuh

Tubuh akan menetralkan dan menghilangkan kandungan racun sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

2. Membakar Lemak

Tubuh akan membakar kandungan glukosa yang tersisa untuk diubah menjadi energi, kemudian lemak yang tersimpan di dalam jaringan otot akan ikut terbakar sehingga berguna untuk mengurangi lemak jahat di dalam tubuh. 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat dan kuat apabila berbuka puasa dengan mengkonsumsi buah-buahan segar karena kandungan mineral dan vitaminya berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Berpuasa dapat memberikan kesempatan pada tubuh untuk memproses glukosa dan dapat memproduksi energi sehingga akan menurunkan kadar gula di dalam darah. 

5. Menurunkan Tekanan Darah

Hormon adrenaline merupakan salah satu hormon yang menyebabkan terjadinya lonjakan tekanan darah, dengan berpuasa sekali dalam seminggu tubuh akan menurunkan hormon tersebut sehingga dapat menurunkan dan menstabilkan tekanan darah. 

6. Menenangkan Sistem Pencernaan

Organ yang biasanya terus saja bekerja untuk mencerna makanan akan beristirahat dan akan mengurangi produksi cairan yang digunakan untuk menghancurkan makanan sehingga sistem pencernaan menjadi tenang untuk beberapa saat.

7. Mengontrol Nafsu Makan

Membiasakan diri untuk puasa seminggu sekali dapat mengontrol nafsu makan, terutama untuk mengkonsumsi jenis makanan yang tidak sehat sehingga berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berguna untuk mencegah obesitas. 

8. Mempercepat Proses Penyembuhan

Dengan berpuasa tubuh mempunyai kemampuan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak sehingga sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya berbuka puasalah dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan seperti sayuran, buah-buahan segar serta harus tetap diimbangi dengan berolahraga teratur dan beristirahat dengan cukup. (Baca Juga: Tidur Siang Apakah Membuat Gemuk atau Kurus? )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D