Manfaat dan Kandungan Gizi Ikan Nila

kandungan gizi ikan nila
Ikan nila merupakan ikan yang sejenis dengan ikan mujaer. Ikan nila adalah ikan yang berasal dari perairan air tawar. Ikan nila merupakan jenis salah satu ikan yang telah banyak dibudidayakan di Negara Indonesia. Pada habitat aslinya ikan ini berasal dari sungai Nil, ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai sifat invasif karena dapat berkembangbiak dengan cepat serta dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Ikan nila merupakan jenis ikan pembersih yang berfungsi sebagai pembersih alami bahan beracun di dalam lingkungan air yang ditempati. Namun, yang perlu diperhatikan adalah cermat untuk memilih saat membeli ikan nila, pilihlah ikan yang berasal dari lingkungan dan kolam yang bersih. 

Ikan nila dapat diolah menjadi makanan yang spesial karena memiliki rasa yang lezat dan gurih. Selain enak untuk dikonsumsi ikan nila juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan  nila kaya akan kandungan nutrisi, seperti protein, mineral dan vitamin. Ikan nila merupakan salah satu ikan yang kaya akan omega 3, vitamin B12, vitamin B6, vitamin B5, vitamin B3, selenium, fosfor serta kalsium.

 Berikut ini juga dijelaskan mengenai kandungan gizi ikan nila beserta manfaatnya.

1. Kesehatan Otak

Kandungan omega 3 dan kalium yang terdapat di dalam ikan nila. Kandungan omega 3 di dalamnya berperan sebagai peningkatan kekuatan otak serta fungsi neurologis. Kemudian kandungan kaliumnya berfungsi untuk meningkatkan oksidasi menuju otak dan menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

2. Kesehatan Jantung

Masih membahas mengenai kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan nila. Sumber asam lemak omega 3 tersebut terkait dengan penurunan kadar trigeliserida dan kolesterol dalam sistem kardiovaskular. Selain itu kandungan omega 3 di dalamnya membantu untuk mencegah serangan jantung, stroke dan aterosklerosis.

3. Kesehatan Tulang

Kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium di dalam ikan nila berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, memperkuat tulang, serta dapat mencegah penurunan kepadatan tulang.

4. Mencegah Kanker Prostat

Kandungan Selenium merupakan senyawa yang berperan sebagai antioksidan alami. Kandungan selenium tersebut berfungsi untuk mencegah resiko terjadinya radikal bebas, sehingga dapat menurunkan terjadinya stress oksidatif pada sistem organ dan dapat memutasikan sel-sel kanker.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan selenium juga berfungsi untuk meningkatkan aktivitas sel darah putih. Sel darah putih berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai indikasi racun dan penyakit di dalam tubuh.  
Kandungan gizi dan semua manfaat bisa didapatkan dengan cara memilih ikan nila yang benar karena ikan nila merupakan jenis ikan yang dapat menyerap racun di lingkungan tempat tinggalnya. Belilah ikan dari budidaya ikan nila yang telah terjamin kebersihannya. (Baca Juga: Manfaat Makan Ikan Belut )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D