Diet Natrium Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi



Para ahli menganjurkan bahwa penderita tekanan darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi natrium yang berlebihan setiap harinya. Natrium atau yang sering disebut dengan sodium merupakan kandungan mineral yang banyak ditemukan di dalam garam meja atau natrium klorida.

Batasan konsumsi natrium bagi setiap orang untuk setiap harinya adalah kurang dari 2400 mg yang sudah didapatkan secara alami maupun dari produk makanan yang telah dikonsumsi setiap hari. Sedangkan di dalam satu sendok teh garam yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan terdapat kandungan natrium sebanyak 2400 mg, hal tersebut menujukkan bahwa sebagian besar orang bahkan hampir setiap orang telah mengkonsumsi natrium dengan kadar yang berlebihan, sehingga  penggunaan kadar garam di dalam makanan yang dikonsumsi harus dibatasi.


makanan diet natriumBagi penderita tekanan darah tinggi dianjurkan untuk menghindari atau membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak natrium seperti kue kering, mie instan, corned beef, ikan kering, sosis, ikan kering, sayur atau buah kaleng, masakan fast food dan lain sebagainya. Menerapkan diet natrium juga baik dilakukan bagi penderita tekanan darah tinggi dengan cara tidak menambahkan garam ketika memasak, memilih makanan yang segar tanpa ditambahkan garam, dan membeli makanan yang mengandung sedikit garam.

Lantas, bagaimana masakan dapat enak dikonsumsi tanpa garam? Untuk penganti garam sebaiknya tambahkan rempah-rempah yang kaya rasa seperti, jahe, merica, bawang merah, bawang putih dan garam laut yang tidak menimbulkan resiko naiknya tekanan darah tinggi.

Meskipun sulit untuk dimulai, namun diet natrium bagi penderita tekanan darah tinggi bisa dicoba dengan niat yang kuat sehingga agar menjadi terbiasa setiap harinya. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Wanita Diet dan Kesehatan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D