Cara Tradisional Mengobati Perut Kembung dengan Bahan Alami

cara mengatasi perut kembung dan begah
Ada banyak masalah pada sistem pencernaan, seperti diare, sembelit, usus buntu, dll. Masalah pada pencernaan yang sering dialami oleh setiap orang setelah mengkonsumsi makanan adalah rasa begah atau perut kembung.

Rakus atau terburu – buru saat mengkonsumsi makanan tidak hanya dapat mengakibatkan tersedak, namun juga dapat mengakibatkan begah atau perut kembung. Atau bisa juga karena faktor lainnya, seperti terburu – buru saat mengkonsumsi obat untuk lambung atau karena masuk angin.

Hal tersebut membuat rasa tidak enak pada tubuh, terutama pada perut. Sehingga perlu segera ditangani supaya dapat menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun di dalam sistem pencernaan yang mengakibatkan perut menjadi begah. Untuk mengatasinya dapat menggunakan cara yang alami dengan mengkonsumsi beberapa macam minuman berikut ini!
  • Minyak Zaitun
Campuran minyak zaitun dengan perasan lemon dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan rasa yang tidak nyaman pada lambung dan mengaktifkan sistem pencernaan kembali. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun 2 sendok lalu campurkan perasan lemon secukupnya. Kemudian konsumsi setiap pagi hari atau sesudah makan.
  • Lemon
Air perasan jeruk lemon memang ampuh untuk mengatasi perut kembung atau begah. Caranya, siapkan satu buah lemon segar lalu belah menjadi dua. Peras jeruk lemon dalam segelas air hangat. Kemudian minum 10 – 15 menit sesudah makan. Ramuan ini cukup efektif untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada perut dan mengatasi perut kembung juga.
  • Baking soda.
Baking soda tidak hanya digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kue atau cake, namun juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi perut kembung. Caranya cukup dengan menyeduh ¼ sdt baking soda dalam satu gelas air hangat, aduk sampai larut. Kemudian minum setelah makan. Ramuan ini juga dapat mengatasi perut kembung dan rasa tidak nyaman pada perut. Namun, perlu diperhatikan pula untuk tidak dikonsumsi apabila memiliki luka pada lambung. Sebab, dapat memperparah keadaannya.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk mengatasi perut kembung atau begah secara alami yang dapat dijadikan referensi ketika mengalami masalah perut kembung atau begah. Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Tips Menyembuhkan Perut Kembung pada Bayi )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D