-->

Makanan yang Bisa Membuat Tidur Nyenyak

Tidur merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mengembalikan energi setelah pada siang hari melakukan berbagai macam aktivitas. Namun, ada pula yang mengalami gangguan tidur sehingga menurunkan kualitas tidur. Gangguan tersebut bisa jadi seperti insomnia dan  terlalu sering atau sudah terbiasa bergadang. Selain itu, bagi seseorang yang sedang mengalami masalah atau galau juga dapat mengganggu tidur di malam hari. Sehingga tidur pun tidak nyenyak dan nyaman.

Makanan yang bisa membuat tidur nyenyak
Image Source: pixabay.com
Untuk membuat tidur lebih nyenyak, berikut ini ada beberapa macam makanan dan minuman yang berguna sebagai pengantar tidur supaya dapat lebih nyenyak. Apa saja jenis makanan  dan minuman yang dapat membuat tidur lebih nyenyak? Berikut ini jawabannya!
  • Susu Hangat
Mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalsium yang dapat memproduksi melatonin dan membuat otot menjadi rileks. Selain itu, terdapat pula kandungan amino acid tryptophan yang dapat membantu merangsang hormon serotonin. Hormon tersebut berguna untuk membuat rasa nyaman dan rileks pada tubuh. Alhasil minum satu gelas susu hangat sebelum tidur dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur supaya nyenyak. 
  • Buah Ceri
Buah ceri merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan melatonin di dalamnya. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk membuat rileks saat tidur. Untuk mendapatkan manfaatnya, dapat dengan cara membuat jus ceri yang diminum satu jam sebelum tidur. Sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur menjadi nyenyak.
  • Keju
Keju merupakan salah satu produk olahan yang berbahan dari susu yang difermentasi. Sama halnya dengan susu, keju juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sehingga membuat keju dapat menjadi pengantar tidur agar rileks dan nyenyak. Bagi yang tidak suka susu, keju merupakan salah satu alternatif pengganti. Apalagi dikonsumsi dengan  roti atau gandum sebelum tidur. Selain itu, olahan susu lainnya seperti yogurt dan lemak susu juga dapat menjadi makanan pengantar tidur yang dapat dicoba.

Jadi, makanan juga mempengaruhi kualitas tidur. Apabila mengalami masalah atau gangguan sulit tidur dapat mengkonsumsi beberapa macam makanan dan minuman diatas sebelum tidur. Sehingga membuat tidur menjadi nyenyak dan kualitas tidur pun menjadi lebih baik. (Baca Juga: Makanan & Minuman yang Menyebabkan Susah Tidur)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel