Manfaat Makan Daging Kelinci bagi Kesehatan

manfaat daging kelinci
Kelinci merupakan salah satu mamalia yang lucu dan mengemaskan sehingga banyak orang yang menginginkannya sebagai hewan peliharaan, akan tetapi hewan ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu kelinci hias dan kelinci berdaging.

Kelinci hias merupakan jenis kelinci yang mempunyai bulu yang panjang dan lebat sehingga kelinci jenis ini banyak digunakan sebagai hewan peliharaan. Sedangkan, kelinci daging adalah hewan yang biasa dikonsumsi untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti sate kelinci, pada umumnya kelinci jenis ini mempunyai bulu yang lebih pendek namun dagingnya lebih banyak jika dibandingkan dengan kelinci hias. 

Daging kelinci mempunyai kandungan gizi yang berguna untuk mengobati dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit, untuk mengetahui lebih jelasnya pada kesempatan kali ini akan dijabarkan mengenai khasiat daging kelinci. 

1. Menjaga Kesuburan Wanita

Menurut para ahli, otak daging kelinci mempunyai kandungan fitronutrien yang berperan aktif untuk menjaga kesuburan wanita serta mampu merangsang produksi hormon estrogen. 

2. Menurunkan Resiko Terkena Kolesterol dan Penyakit Jantung

Daging hewan ini mempunyai kandungan kolesterol rendah sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, jantung lemah, orang yang berusia lanjut dan dapat dikonsumsi bagi mereka yang mempunyai masalah berat badan. 

3. Mengatasi Penyakit Asma

Kandungan ketotifen berguna untuk menstabilkan sel matosit sehingga dapat menyembuhkan penyakit asma karena sel mastosit merupakan sel penyebab terjadinya penyakit asma. 

4. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin B12, niasin dan selenium mempunyai kemampuan untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

5. Menu Makanan Diet

Daging ini mempunyai kadar kolesterol rendah sehingga dapat dikonsumsi sebagai salah satu menu makanan diet sehat.

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa didapatkan setelah mengkonsumsi daging kelinci segar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal penting untuk menggunakan daging kelinci yang sehat dan segar dengan tetap memperhatikan porsinya (tidak berlebihan) agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Semoga informasi ini bermanfaat sebagai sumber refrensi harian pembaca, karena Tuhan telah menciptakan seisi alam semesta yang dapat dimanfaatkan manusia. Oleh karena itu sangat disayangkan jika kita tidak mengetahui khasiat yang terkandung di dalam makanan atau minuman yang akan dikonsumsi. (Baca Juga: Kandungan Gizi dan Manfaat Konsumsi Daging Sapi Segar )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D