Manfaat & Khasiat Buah Rambusa untuk Kesehatan

manfaat rambusa
Rambusa merupakan salah satu tanaman yang tumbuh liar, buah tanaman ini mempunyai ukuran kecil yang khas dengan warna kuning terang jika matang dan dibungkus oleh selaput seperti bulu atau jaring-jaring. Tanaman ini mudah dijumpai pada daerah perdesaan karena pada umumnya rambusa tumbuh liar di hutan, perkarangan rumah dan perkarangan yang berumput.

Buah rambusa mempunyai rasa asam dan manis yang begitu menyegarkan, selain enak untuk dikonsumsi buah ini juga mempunyai kandungan gizi yang melimpah sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Di dalam buah rambusa terdapat kandungan mineral seperti potassium, kalsium, dan zat besi. Kandungan potassiumnya sangat berguna bagi tubuh diantaranya dapat menguatkan otot, mencegah stroke, mengontrol tekanan darah, menjaga sistem syaraf dan lain sebagainya. Untuk mengetahui manfaat lainnya, mari simak informasi berikut ini!

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam buah rambusa terdapat kandungan kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang, menyehatkan tulang, dan berguna untuk menjaga kepadatan tulang sehingga dapat terhindar dari resiko terkena osteoporosis.

2. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi di dalamnya berguna untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah dan mengatasi penyakit anemia.

3. Mencegah  Kanker

Zat antioksidan yang terdiri dari vitamin C, flavonoid dan potassium mempunyai kemampuan untuk menangkal efek radikal bebas, seperti pertumbuhan sel-sel kanker, merusak jaringan kulit dan lain sebagainya.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan fitronutrien di dalam buah ini sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

5. Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Selain berguna untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium di dalamnya juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

6. Menyembuhkan Gangguan Ginjal

Kandungan mineral di dalamnya mempunyai kemampuan untuk membantu fungsi ginjal dalam proses ekskresi urine. 

7. Mengurangi Rasa Stres

Kandungan senyawa yang dimiliki mampu meningkatkan hormon rasa senang serta dapat menstabilkan syaraf-syaraf pusat sehingga tubuh dan otak menjadi rileks.

Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, buah rambusa tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (Baca Juga: Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan  )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D