Makanan & Minuman yang Bisa Menyebabkan Susah Tidur

Makanan & Minuman Penyebab Sulit Tidur / Insomnia

Sulit tidur atau lebih dikenal dengan insomnia merupakan penyakit yang sering dialami oleh setiap orang yang sangat sibuk dengan aktivitasnya sehari – hari. Sehingga hampir tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Insomnia dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi sebelum tidur. 


Jenis Makanan & Minuman Penyebab Susah Tidur / Tak Bisa Tidur


Mengkonsumsi makanan apa sajakah yang dapat menyebabkan insomnia? Simak penjelasan berikut!

Makanan & Minuman yang Menyebabkan Susah Tidur
pixabay.com
  • Minuman Berkafein
Setiap orang pasti mengetahui jika minuman yang mengandung kafein di dalamnya dapat membuat sulit tidur. Kafein tidak hanya ditemukan pada kopi atau soda, tetapi juga ada di teh dan obat yang dapat menyebabkan seseorang sulit tidur. Alangkah baiknya bagi yang suka dengan minuman berkafein, seperti kopi. Hindari mengkonsumsi minuman tersebut sebelum tidur, setidaknya 8 jam sebelumnya.


  • Minuman Beralkohol
Tidak sedikit orang beranggapan jika minuman beralkohol dapat  membuat seseorang cepat tidur. Namun, pernyataan tersebut tidak terbukti kebenarannya. Alkohol hanya dapat merusak organ dalam tubuh manusia dan melemahkan saraf, sehingga terlihat seseorang yang minum minuman beralkohol mengantuk, padahal itu efek dari minuman beralkohol. Selain itu, minum minuman beralkohol sebelum tidur dapat mengganggu kenyamanan dan membuat kualitas tidur berkurang.


  • Air Mineral
Bagi kebanyakan orang minum air sebelum tidur merupakan hal yang disarankan oleh para ahli supaya terhindar dari dehidrasi saat tidur. Namun, perlu diketahui pula jika minum air mineral sebelum tidur juga dapat membuat tidur terganggu dan kualitas tidur menjadi menurun. Sebab akan mudah terbangun di malam hari untuk buang air kecil karena terlalu banyak minum air. Dalam hal ini, kami tidak melarang minum air sebelum tidur, tetapi alangkah baiknya jika minum air putih sekitar 1 jam sebelum tidur, supaya air tersebut dapat diserap oleh tubuh terlebih dahulu.


  • Makanan Fermentasi
Makanan hasil fermentasi, seperti keju, tape, tempe, yogurt dan jenis makanan fermentasi lainnya memiliki kandungan zat yang disebut tyramine. Zat tersebut dapat merangsang otak, sehingga membuat sulit tidur.


  • Tomat
Tomat atau bahan makanan yang memiliki rasa asam lainnya dapat membuat rasa tidak nyaman dalam perut pada malam hari. Sebaiknya konsumsi makanan  yang berbahan dasar tomat setidaknya 3 jam sebelum tidur supaya terhindar dari insomnia.


Nah, itulah tadi makanan yang dapat membuat sulit tidur. Jadi, faktor makanan juga dapat mengakibatkan insomnia atau kesulitan tidur. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D