Daftar Menu Makan Malam yang Baik untuk Kesehatan Anak

Kebanyakan ibu merasa bingung untuk memilih menu makan malam sehat dan cocok untuk buah hati, mencukupi kebutuhan gizi si kecil merupakan hal yang bisa dilakukan dengan cara memilih dan menyajikan menu makanan yang tepat untuknya. 

Cara ini memang cenderung sulit untuk dilakukan karena mengingat bahwa anak mudah merasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Selain itu, sebagian besar anak-anak lebih menyukai bermain sehingga susah jika diajak untuk makan, hal tersebut bisa diatasi dengan menemukan ide-ide keratif untuk mengolah makanan sehat bagi anak agar mereka tertarik untuk mengkonsumsinya. 
Daftar Menu Makan Malam yang Baik untuk Anak
Image Source: pixabay.com
Namun, terkadang para ibu merasa kesulitan ketika kehabisan ide untuk menyajikan menu makanan sehat bagi buah hatinya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai daftar menu makan malam sehat untuk buah hati.

1. Sup Ayam

Sup ayam merupakan salah satu menu makanan sehat yang cocok untuk diberikan pada si kecil, perpaduan kaldu yang menyatu dengan nikmatnya potongan daging ayam akan membuat hidangan ini terasa nikmat dan gurih. Kandungan protein pada daging ayam yang dipadukan dengan kandungan vitamin dan manfaat sayuran dapat mencukupi kebutuhan gizi si kecil.

2. Nugget Ayam

Nugget ayam merupakan salah satu menu makanan yang banyak digemari oleh anak-anak. Nugget ayam juga dapat diolah dengan praktis dan dapat dibentuk menggunakan cetakan makanan yang lucu karena lebih baik membuat nugget ayam sendiri daripada membelinya, hal tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi kebersihan dan gizi makanan yang akan diberikan pada buah hati, caranya cukup potonglah daging ayam menjadi beberapa bagian, kemudian lapisi dengan tepung roti untuk digoreng. 

3. Sayuran

Sudah bukan hal baru lagi, bahwa makanan ini baik bagi kesehatan tubuh termasuk bagi kesehatan anak-anak akan tetapi sayuran merupakan jenis makanan yang cenderung dihindari oleh anak-anak karena rasanya yang hambar dan dianggap tidak enak. Namun, ibu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara mengolahnya sebagai bahan tambahan, seperti membuat bayam crispy yang diberikan dengan  tambahan saus tomat atau mayones. 

4. Stik Ikan

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi, tapi anak cenderung akan merasa bosan jika menu olahan ikan yang dibuat hanya itu-itu saja, sebagai solusinya ibu dapat mengolah ikan menjadi sajian baru dengan cara membuat stik ikan. Cara pembuatannya sama seperti membuat nugget ayam, yaitu dengan mem-filet ikan, berikan bumbu dan taburi dengan tepung roti, kemudian goreng hingga matang. 

Setelah mengetahui informasi berikut ini, diharapkan agar para orang tua tidak kebingungan jika ingin menyediakan menu makanan yang sehat. (Baca Juga: Menu Sarapan Pagi Bergizi Seimbang )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D