Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi Baru Lahir sampai Umur 10 bulan

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Terkadang ketika bayi rewel, orang tua kurang tahu apa penyebabnya dan masih menerka – nerka. Sebagai orang tua, maka wajib mengetahui setiap kondisi anak sampai gangguan yang sedang dialaminya. Seperti anak menjadi rewel karena lapar atau bisa juga karena gangguan pada saat masa peralihan pemberian ASI ke makanan pendamping.

Gangguan perut bisa terjadi pada si kecil yang disebabkan oleh sistem pencernaan bayi yang belum sepenuhnya kuat, sehingga menyebabkan jumlah gas dalam saluran pencernaan menjadi meningkat. Gejalanya adalah perut  membuncit tidak seperti biasanya, sering rewel dan menangis serta saat diketuk perlahan pada bagian tepi perutnya seperti ada udara atau disebut juga dengan perut kembung. Ketika si buah hati mengalami kembung, jangan langsung terlalu over panik atau kawatir, sebab hal tersebut wajar dan dapat diatasi dengan cara alami. Apa sajakah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi? Simak jawabannya berikut ini!


Tips Mengobati Perut Kembung pada Bayi


    Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi
  • Mengajak Bermain
Dengan mengajak bermain selain dapat melatih kecerdasan dan kesiapan anak, dapat pula mengatasi perut kembung. Sebab dengan mengajak terus bermain dan selalu aktif ternyata mampu mengeluarkan gas dengan sendirinya oleh anak.

  • Menepuk Punggung Bayi dengan Lembut
Ketika bayi mengalami perut kembung dapat ditangani dengan menepuk punggungnya secara lembut. Lakukan cara ini selama satu menit hingga bayi gas dalam perut bayi keluar atau bayi bersendawa sambil digendong.

  • Air Hangat
Menggunakan air hangat untuk mandi dan meminumkannya pada anak ternyata dapat mengatasi perut kembung. Sebab dapat memberikan rasa hangat pada tubuh dan dapat mengeluarkan gas dalam perut.

  • Menggosok Perut Secara Perlahan
Untuk mengatasi perut kembung pada anak – anak dan bayi bisa dengan menggosok perutnya secara lembut dan perlahan. Caranya, dengan membaringkannya lalu gosok perlahan dengan lembut. Dapat pula menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon supaya tubuh bayi terasa hangat, sehingga gas dalam perut dapat keluar.

Selain itu, untuk mengeluarkan gas pada perut si buah hati bisa dengan melakukan gerakan latihan pada anak. Caranya dengan membaringkannya lalu pegang bagian kaki. Kemudian gerakkan perlahan – lahan secara berkala. Cara ini dapat menggerakkan usus sehingga udara atau gas dalam perut anak dapat keluar.

  • Hindari Susu Formula
Susu formula sangat penting bagi para ibu yang tidak dapat menyusui anaknya. Namun, menggunakan susu formula juga dapat beresiko mengalami perut kembung pada anak. Selain itu, kandungan gizi pada susu formula tidak begitu lengkap sehatnya dibandingkan dengan ASI. Oleh karena itu, hindari penggunaan susu formula pada anak, sebab dapat menyebabkan perut kembung.

Demikian tadi tips cara mengobati perut kembung pada bayi yang dapat dicoba di rumah. Semoga lekas sembuh!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D