Bahaya Menggunakan Krim Pemutih bagi Ibu Hamil

Semua wanita ingin terlihat cantik setiap hari dan setiap waktu, oleh karena itu hampir semua wanita ingin mempunyai tubuh yang proporsional, wajah cantik, kulit putih berseri dan rambut yang indah. Sebagian besar wanita di Indonesia ingin mempunyai wajah dan tubuh yang putih berseri karena hal itu akan membuat mereka semakin percaya diri.


Bahaya Menggunakan Krim Pemutih bagi Ibu Hamil
Image Source: pixabay.com
Baik para gadis maupun ibu-ibu semuanya ingin mendapatkan kulit yang putih, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan biasanya mereka melakukan berbagai cara termasuk dengan menggunakan krim pemutih wajah yang populer di pasaran. Namun, pengunaan krim atau obat pemutih sangat berbahaya bagi kesehatan khususnya untuk ibu hamil. 

1. Mercury

Bahan ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena akan memberikan dampak buruk terhadap sel-sel syaraf pada janin.

2. Hydroquinon

Selain mercury adapula kandungan hydroquinon yang akan memberikan efek samping seperti timbulnya bercak kemerahan hingga menimbulkan flek hitam yang berbahaya bagi kesehatan kulit jika digunakan dalam jangka panjang.

3. Retinoid

Bahan ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan janin karena akan berdampak pada cacat bawaan seperti kelumpuhan yang akan dialami oleh janin.

Setelah mengetahui zat-zat yang berbahaya yang terkandung di dalam krim pemutih, berikut ini akan dijelaskan mengenai hal-hal yang bisa dilakukan supaya tetap terlihat cantik dan sehat ketika hamil :
  1. Hindari pemakaian kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya karena kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dapat memutihkan kulit dalam waktu beberapa hari.
  2. Gunakan masker wajah dengan bahan alami saat usia kandungan memasuki usia 4 bulan kehamilan
  3. Agar kulit tidak menjadi gelap pakailah sunblock dengan SPF 30 sekitar pukul 09.00 hingga 16.00 dengan pengulangan selama 3 jam sehari.
  4. Konsultasikan dengan dokter apabila ingin menggunakan alat dan kosmetik lainnya seperti lipstick, bedak dan lain sebagainya.
Mempunyai wajah dan penampilan yang cantik dengan kulit putih berseri merupakan dambaan setiap wanita khususnya bagi wanita yang selalu memperhatikan penampilan. Namun, menjaga kesehatan tubuh dan janin merupakan hal yang lebih penting, untuk itu ibu hamil dituntut untuk selalu selektif dalam memilih bahan kosmetik dan makanan yang dikonsumsi. (Baca Juga: Macam-Macam Olahraga Sehat dan Aman pada saat Masa Kehamilan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D