Jenis Olahraga yang Baik & Aman untuk Ibu Hamil

Olahraga yang Baik & Aman bagi Ibu Hamil

Pada saat masa kehamilan banyak pasti ada banyak keluhan yang diutarakan, sehingga sangat penting bagi ibu untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat yaitu dengan cara berolahraga. Selain itu, berolahraga juga bermanfaat agar janin yang sedang dikandung menjadi sehat dan masa kehamilan dapat dilewati dengan nyaman sampai proses persalinan nanti. 

olahraga yang aman bagi ibu hamil
Sumber Gambar:
https://www.flickr.com/photos/futurestreet/3315221974

Sekarang ini sudah banyak olahraga yang dikhususkan bagi ibu hamil yang bertujuan agar pada saat proses persalinan berjalan lancar, seperti yoga atau gerakan ringan yang tidak membebani ibu hamil yang dapat dilakukan di rumah. Berikut inilah beberapa macam olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil di rumah yang dapat dipraktekkan. 


Olahraga yang Aman dan Baik untuk Wanita Hamil


  • Jalan Kaki
Berjalan kaki memang olahraga yang banyak dilakukan oleh setiap orang. Bagi ibu hamil berjalan kaki sangat bermanfaat seperti mengurangi stress, meningkatkan stamina ibu hamil, memperkuat otot, menyehatkan jantung dan paru – paru dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Namun, perlu diperhatikan juga intensitas nya yaitu antara 50% sampai 70% dari denyut jantung. 

  • Yoga 
Pada gerakan – gerakan yoga yang dikhususkan bagi ibu hamil dapat membantu melewati proses kehamilan sampai persalinan menjadi lancar, baik secara fisik maupun emosional. Selain itu, gerakan yoga juga bermanfaat  untuk meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh, melancarkan pernafasan dan melenturkan tubuh supaya meringankan keluhan nyeri sendi pada masa kehamilan. Sebaiknya melakukan gerakan yoga  khusus bagi ibu hamil diikuti sejak trimester pertama. 


  • Berenang
Berenang merupakan olahraga air yang dapat dilakukan pada kehamilan trimester awal sampai trimester ketiga. Olahraga ini dapat membantu ibu hamil agar tidur lebih pulas dan nyenyak, menyehatkan jantung, merilekskan otot dan persendian, memperkuat otot sekitar pinggul yang nantinya dapat mempermudah proses persalinan dan meringankan mual selama kehamilan. Tetapi, perlu diperhatikan pula bagi ibu yang usia kandungannya menginjak 7 bulan dan lebih agar tidak melakukan olahraga ini dikarenakan resiko terpeleset dan jatuh sangat besar. Hal ini dapat terjadi karena di usia tersebut keseimbangan ibu hamil mulai berkurang.


  • Pilates 
Setiap gerakan pilates menekankan pada fleksibilitas, keseimbangan dan ketahanan otot. Manfaat dari melakukan pilates khusus ibu hamil menguatkan semua bagian tubuh, khususnya bagian pinggul dan perut dikarenakan bagian inilah yang berperan pada saat proses persalinan. 


  • Angkat Beban
Mengangkat beban pasti pernah dilakukan oleh ibu hamil saat melakukan aktivitas sebagai ibu rumah tangga. Namun, sama halnya akan melakukan olahraga biasa ataupun angkat beban bagi ibu hamil perlu adanya pemanasan terlebih dahulu seperti peregangan dan menggerakkan seluruh bagian tubuh. Olahraga ini bertujuan untuk mempertahankan kekuatan dan kelenturan otot, sehingga dapat memperlancar proses kehamilan sampai persalinan. Perlu diperhatikan pula saat mengangkat beban mulai dari yang ringan hingga sedang dan jangan mengeluarkan tenaga yang lebih sebab dapat mempengaruhi sirkulasi darah pada janin. 


Olahraga bagi ibu hamil sangatlah penting untuk meringankan resiko – resiko masa kehamilan. Namun, sebelum melakukan olahraga tersebut sebaiknya  terlebih dahulu bertanya kepada dokter spesialis kandungan, supaya tidak ada keraguan dalam menjalankannya dan tetap aman.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D