Penyebab Cegukan pada Bayi dan Cara Mengatasi

Penyebab Cegukan pada Bayi 

Cegukkan pada bayi merupakan hal yang biasa terjadi dan pastinya pernah dialami oleh setiap bayi khususnya yang berumur 0 hingga 12 bulan. Cegukkan merupakan gerakan refleks (tidak sadar) yang disebabkan karena otot diafragma mengalami pengencangan atau kontraksi secara tiba-tiba, sehingga udara tertarik lewat mulut dan mengakibatkan cegukkan.

Penyebab dan Cara Menangani Bayi Usia 0 - 12 Bulan yang Cegukan


Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai penyebab cegukkan pada bayi.
    Penyebab Cegukan pada Bayi
  1. Pada saat si buah hati meminum susu dari botol, maka hal tersebut akan menyebabkan banyak udara yang terhisap masuk ke dalam mulut lagi, apalagi jika lubang dot terlalu besar maka akan menimbulkan cegukkan.
  2. Cara menyusui yang salah juga merupakan salah satu penyebabnya. Hal tersebut disebabkan karena puting kurang masuk ke dalam mulut bayi. Posisi buah hati yang tidak tepat (tidak lurus dengan lengan ibu dan tidak berhadapan dengan perut ibu), kondisi yang seperti itu akan membuat udara yang ada disekitar terhisap oleh bayi dengan masuk lewat mulut.
  3. Pada saat si kecil tertawa sambil minum juga menjadi salah satu pemicunya.
  4. Penurunan suhu tubuh yang dialami juga merupakan salah satu faktor yang memicu cegukkan.
  5. Selanjutnya adalah pada saat bayi merasa stres, hal tersebut merupakan salah satu penyebab  yang memicu penyebab cegukkan. Sangat disarankan juga untuk mengingat kembali hal-hal apa saja yang pernah dialami si kecil.

Untuk mengatasi permasalahan ini tidak perlu pergi ke dokter selama masih dalam keadaa normal. Namun, jika cegukkan tidak bisa terkendali karena menyebabkan bayi rewel, batuk, muntah dan tidak mau minum ASI, kondisi seperti itu yang harus diwaspadai dan segeralah memeriksakan dan membawanya ke dokter.

Setelah dijelaskan mengenai penyebab cegukkan pada bayi, berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasinya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tidak perlu panik karena kondisi ini tidak selalu menjadi indikasi dari suatu penyakit
.
Bila bayi mengalami cegukkan saat menyusui, sebaiknya ubah posisi tubuh bayi hingga cegukkannya hilang. Bila kondisi tersebut terus terjadi, hentikan dulu kegiatan menyusui dengan meletakkan kepala si kecil hingga bersandar di bahu dengan posisi menghadap ibu, lalu tepuk lembut punggungya sampai cegukkannya hilang. Bila bayi meminum susu menggunakan botol sebaiknya control dan perhatikan dot serta penyaringan di dalam botol, karena lubang dot yang besar dapat membuat udara masuk ke mulut si kecil sehingga menimbulkan cegukkan.

Menjaga dan melihat buah hati tumbuh sehat merupakan harapan setiap orangtua, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui beberapa informasi yang berhubungan dengan kesehatan bayi. Jangan lupa baca juga: Cara Supaya Bayi Mau Makan dengan Lahap
Advertisement

Artikel Lainnya :-D