4 Manfaat Tersenyum bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tersenyum Bahagia bagi Kesehatan

Tersenyum merupakan kebiasaan yang sering dilakukan untuk mengekspresikan perasaan kita pada suatu hal atau kepada seseorang. Tentunya kita pernah mendengar istilah ini “Senyum Itu Sehat” serta “Senyum adalah Ibadah”. Jadi sudahkah Anda tersenyum hari ini? Dalam istilah-istilah tersebut ternyata mengandung makna bahwa tersenyum adalah kegiatan yang baik untuk dilakukan yang akan memberikan dampak terhadap diri sendiri maupun untuk orang lain.

Manfaat Senyum Bahagia untuk Kesehatan

Berdasarkan dengan fakta, melakukan kebiasaan tersenyum selain berdampak baik terhadap suasana hati seseorang, ternyata juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai manfaat tersenyum bagi kesehatan. Berikut ini ulasannya :


1.      Mengurangi Rasa Sakit

Dengan tersenyum mampu memicu dan meningkatkan hormon endorfin. Hormon endorfin merupakan hormon yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit yang dialami di dalam tubuh. Hormon endorfin juga disebut dengan antibiotik alami.

2.      Membuat Awet Muda

Tersenyum akan membuat terlihat lebih muda, karena pada saat tersenyum otot-otot wajah akan terangkat. Tersenyum sama halnya dengan melakukan senam wajah yang berfungsi untuk mengencangkan otot-otot wajah yang sudah kendor.

3.      Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tersenyum dapat membuat Anda merasa rileks sehingga akan berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh karena saat tubuh dalam keadaan tenang dan rileks dapat memicu adanya produksi sel darah putih di dalam tubuh.

4.      Menghilangkan Rasa Stres

Setelah melakukan aktivitas serta ditambah lagi dengan banyak pikiran akibat masalah-masalah yang menumpuk akan membuat rasa stres. Untuk menghilangkan rasa stres, cobalah dengan tersenyum selama beberapa menit setiap harinya. Tersenyum juga akan membuat merasakan ketenangan di dalam jiwa sehingga akan merasa lebih baik daripada sebelumnya.


Beberapa orang yang jarang tersenyum akan menyebabkan rasa sumpek karena hati tidak merasa nyaman ataupun tidak merasa senang. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan. Karena terkadang kita melupakan sesuatu hal yang disepelekan yang sebenarnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, berikanlah senyum termanismu hari ini kawan. :-D 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D