Manfaat Liburan / Wisata ke Pantai Bersama Keluarga & Sahabat bagi Kesehatan

Manfaat Liburan di Pantai dengan Keluarga & Sahabat untuk Kesehatan

Liburan merupakan kegiatan yang dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan kepenatan karena pekerjaan atau kesibukan setiap hari. Liburan tidak hanya sekedar pergi ke tempat yang memakan waktu lama dan membuat badan tambah capek karena perjalanan yang memakan waktu. Liburan intinya adalah menenangkan pikiran dan tetap membuat kesehatan tidak kendur.

Tempat destinasi untuk berlibur sudah banyak tersedia di negara tercinta, Indonesia. Mulai dari ujung sabang sampai merauke tersimpan keindahan nusantara tiada tara. Sebaiknya pilihlah destinasi yang dekat dengan tempat tinggal dan murah namun menyuguhkan keindahan yang membuat pikiran menjadi tenang. Seperti liburan ke tempat pariwisata bersama keluarga, sehingga dapat menjalin kebersamaan lebih erat lagi. 

Bagi yang suka liburan sambil berolahraga dapat melakukan pendakian ke gunung terindah di nusantara atau melakukan traveling menjelajahi keindahan alam Indonesia. Selain itu berlibur ke pantai merupakan destinasi yang paling dipilih banyak orang. Di pantai kita dapat melihat ombak, bermain  pasir putih yang indah, berjemur dan berenang. 


Manfaat Berlibur atau Wisata ke Pantai bagi Kesehatan


Namun, tahukah jika dengan berlibur atau berwisata ke pantai dapat bermanfaat bagi kesehatan. Nah, apa saja manfaat bagi kesehatan yang dapat diperoleh hanya dengan liburan di pantai. Simak ulasan berikut ini!


Manfaat Berlibur atau Wisata ke Pantai bagi Kesehatan
Foto : Saurabh Raj Jain (aktor India) sedang di Pantai

  • Menyehatkan Tulang
Dengan liburan di pantai kita secara langsung terpapar sinar matahari dan pantai merupakan tempat berjemur yang paling disukai oleh kebanyakan orang, terutama para turis asing. Berjemur di bawah terik matahari pagi merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan tulang. Sebab matahari pagi mengandung vitamin D yang dapat mencukupi kebutuhan vitamin D per harinya, sehingga terhindar dari osteoporosis dan tulang menjadi semakin sehat. Namun, perlu diperhatikan pula untuk selalu menggunakan sun block saat liburan ke pantai. Lakukan kegiatan berjemur di pagi hari ketika matahari terbit sampai pukul 09.00 pagi selama 10 menit atau apabila kulit sudah terasa hangat. Hal ini dikarenakan sinar matahari saat siang hari atau sore hari mengandung sinar UV yang dapat mengakibatkan penuaan dini dan memicu tumbuhnya sel kanker di kulit.

  • Menyehatkan Otot Kaki
Menyisir setiap sudut pantai merupakan hal yang menarik untuk dilakukan, tanpa sadar kita melawati pasir putih yang begitu indahnya. Nah, dengan berjalan di atas pasir dapat membuat otot kaki menjadi semakin sehat. Sebab, energi yang dibutuhkan untuk berjalan di pasir lebih besar dari pada di jalan. Selain menyehatkan otot kaki, berjalan atau berlari di atas pasir dapat menurunkan berat badan. 

  • Menyehatkan Jantung
Saat berlibur di pantai tak lengkap rasanya jika tidak berenang. Tahukah jika berenang di laut dapat membuat jantung sehat , melemaskan otot yang kaku dan menyembuhkan infeksi. Sebab, air laut memiliki kandungan magnesium, iodine dan potassium yang tinggi. Selain itu, berenang juga dapat mencegah resiko penyakit kronis, menambah tinggi badan dan membentuk otot – otot tubuh.


Demikian tadi manfaat dari liburan di pantai bagi kesehatan. Jadi, liburan dipantai tidak hanya membuat senang dan hati tenang, tapi juga menyehatkan tubuh. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D