Manfaat Buah Cermai Belanda bagi Kesehatan

Manfaat Buah Cermai Belanda


Cermai / buah cerme atau yang bernama latin Phyllanthus acidus merupakan Buah yang mempunyai rasa yang masam, tapi ada pula yang manis. Buah cermai biasanya diolah sebagai manisan atau bahan dasar rujak, sehingga menghasilkan rasa yang asam pedas gitu deh. Tingginya yang dapat mencapai lebih dari 4 meter ini memiliki batang yang tidak rata dan rentan untuk patah. Daun cermai mirip dengan daun belimbing wuluh namun sedikit lebih kecil daripadanya. Buah cermai bergerombol dan memiliki bentuk bulat segi lima. Apabila masih muda berwarna hijau dan akan berubah menjadi kuning apabila sudah masak. 

Khasiat Buah Cermai Belanda untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Cermai


Buah cermai biasanya dimanfaatkan sebagai manisan basah atau manisan kering dan bisa juga dimakan langsung. Namun tidak hanya itu saja, buah cermai ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Mau tau? Simak terus ya!


Mengobati Asma 


Caranya, siapkan buah cermai 6 buah, buah kelengkeng 8 buah, bawang merah 2 siung dan akar Kara ¼ genggam, lalu cuci hingga bersih. Kemudian tumbuk hingga hancur saja, jangan sampai halus. Rebus semua bahan  - bahan tadi dengan air 2 gelas hingga berkurang ½ gelas saja. Saring dan tambahkan gula secukupnya, lalu minum selagi hangat dua kali sehari ¾ gelas. 


Mencegah Kanker


Caranya, siapkan ¼ genggam daun cermai muda, 1/3 genggam daun belimbing wuluh, ½ ruas jari bidara upas, ½ jari Gadung cina dan 3 jari gulau enau, lalu cuci hingga bersih. Potong kecil – kecil semua bahan tadi dan rebus dengan air 3 gelas hingga tersisa ¾ bagian. Saring dan minum setelah dingin tiga kali sehari ¾ gelas. 

Buah Cermai Belanda
Buah Cermai Belanda


Melangsingkan Badan 


Mendapatkan tubuh yang ramping dan ramping seperti gitar Spanyol merupakan dambaan kaum hawa. Caranya cukup dengan meminum air rebusan dari daun cermai. Namun, jangan terlalu sering mengkonsumsi ramuan ini, karena cara kerjanya yang sangat kuat. Sebaiknya konsumsi sesekali saja.



Nah, itulah tadi manfaat dari buah cermai belanda bagi kesehatan. Jadi tidak hanya buah nya yang digunakan sebagai manisan, namun dapat juga menyembuhkan beberapa jenis penyakit salah satunya adalah kanker. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D