Kandungan Gizi Ikan Tuna atau Nilai Nutrisinya

Kandungan Gizi Ikan Tuna


Ikan tuna merupakan ikan yang banyak ditemukan di perairan antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Perairan tersebut merupakan tempat perlintasan pengembaraan jarak jauh ikan tuna. Ikan tuna memiliki banyak jenis diantaranya adalah mata besar (Thunus obesus), abu-abu (Thunus Tonggol), sirip biru (Thunus thynnus), albakora (Thunus alalunga), dan mandidihang/ yellowfin (Thunus albacores).

Kandungan Gizi Ikan TunaIkan tuna merupakan ikan yang didapatkan dari kegiatan penangkapan, bukan karena hasil budidaya. Keberhasilan penangkapan ikan tuna tergantung pada keterampilan orang yang menangkapnya. Sebelum menangkapnya perlu untuk mengetahui tingkah laku ikan tuna yang berkaitan dengan arus air, suhu air, kebiasaan serta musim kawin. Hal itu yang membuat harga ikan tuna sangat mahal di pasaran. 



Nilai Kandungan Nutrisi Ikan Tuna


Ikan tuna merupakan ikan yang enak untuk dikonsumsi, selain itu ikan tuna juga kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya :

1. Sumber Mineral
 
Di dalam ikan tuna terdapat kandungan sumber mineral yang tinggi. Kandungan mineral seperti iodium dan selenium. Iodium berperan untuk mencegah penyakit gondok dan dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Kandungan selenium di dalam ikan tuna berfungsi untuk mengaktifkan enzim antioksidan  glutathione peroxidase. Enzim tersebut berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan serangan kanker. 

2. Sumber Omega-3

Ikan tuna memeliki kandungan gizi yang baik dengan adanya omega 3.  Omega 3 berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang dapat megakibatkan penyumbatan pembuluh darah,. Selain itu omega 3 juga berfungsi untuk membantu proses perkembangan sel-sel otak, sel-sel saraf sehingga dapat membantu meningkatkan kecerdasaan terutama bagi anak-anak.

3. Sumber Vitamin

Di dalam ikan tuna terdapat kandungan vitamin diantaranya adalah kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B6 dan kandungan asam folatnya berperan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Ikan tuna mempunyai kandungan kolesterol rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Ikan tuna merupakan sumber dari laut yang dapat dimanfaatkan kandungan gizinya untuk melengkapi asupan nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh. Kandungan gizi ikan tuna akan memberikan manfaat yang maskimal jika melakukan proses pengolahan dan penyimpanan yang benar. Olahan makanan ikan tuna banyak ditemukan pada restoran Jepang dan Cina, restoran-restoran tersebut biasanya banyak menawarkan ikan tuna yang disajikan dalam kondisi mentah supaya lebih segar saat dikonsumsi. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai kandungan gizi ikan tuna dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D