Fungsi Kawat Gigi atau Behel

Fungsi Kawat Gigi

Pada zaman dulu pemakaian kawat gigi identik dengan kesan anak idiot dan kuper karena pemakaian kawat gigi dianggap aneh dan kuno. Pemakaian kawat gigi juga merupakan kegiatan yang dihindari pada orang yang memiliki susunan gigi yang amburadul karena pemakaiannya di anggap tidak enak dan menyakitkan. Namun, anggapan tersebut berubah setelah artis Holywood yang bernama Tom Cruise memakai kawat gigi untuk merapikan giginya.
 
Behel atau kawat gigi bukan hanya sekedar hiasan atau aksesoris mulut saja. Selain bertujuan untuk merapihkan bentuk gigi, kawat gigi atau behel ini teryata dapat mencegah berbagai keluhan di area mulut dan organ vital lainnya.


Kegunaan Kawat Gigi / Behel bagi Kesehatan Gigi


Fungsi Kawat Gigi
Drg. Aditya Pribadi, Sp.Ort, adalah dokter gigi yang berasal dari rumah sakit Mitra Keluarga, Bekasi. Dokter Aditya menjelaskan bahwa pemakaian kawat gigi berfungsi untuk memperbaiki susunan gigi dengan cara menarik susunan gigi secara perlahan dan bertahap supaya dapat mendapatkan susunan gigi sesuai dengan keinginan. Susunan gigi yang tidak rata akan mempengaruhi proses pengunyahan karena makanan tidak bisa dilumat secara halus. Hal ini akan berpengaruh pada organ pencernaan khusunya bagi orang yang mempunyai sistem pencernaan yang sensitif sehingga makanan yang tidak dikunyah dengan halus akan menimbulkan masalah baru karena organ pencernaan akan bekerja lebih keras.

Masalah kerapihan gigi merupakan hal yang tidak bisa dianggap sepele. Karena susunan gigi yang tidak rapi akan membuat cela-cela gigi semakin sulit untuk dibersihkan. Sisa-sisa makanan yang menumpuk pada sela-sela gigi dapat menyebabkan timbulnya plak/ karang gigi, gigi berlubang, dan gusi mudah berdarah sehingga akan menimbulkan bau mulut. Makanan yang tersisa di dalam sela-sela gigi akan mendatangkan kuman, dan jika tidak cepat diatasi kuman-kuman tersebut akan merembet masuk ke dalam tubuh dan akan menyerang jantung serta memicu adanya penyakit stroke. Untuk itu sangat penting untuk merapikan susunan gigi, orang yang memiliki susunan gigi tonggos pun bisa dirapikan dengan pemakaian kawat gigi.

Mengenakan kawat gigi memang tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Sebelum memasang kawat gigi perlu dilakukan proses pemeriksaan gigi, foto susunan gigi, hingga membuat cetakkan gigi pasien supaya dapat mengetahui bagian gigi mana saja yang akan dirapikan. Bagi orang yang memiliki masalah gigi dan gusi sebaiknya diatasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan kawat gigi. 

Demikianlah pemabasan mengenai fungsi kawat gigi dan sekilas penjabarannya. Semoga bisa dijadikan referensi yang bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D