Cara Mengatasi Anak yang Suka Makan Permen, Coklat, & Manisan Berlebih

Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Makan Manisan, Permen, Coklat dll

Makanan manis seperti permen dan coklat banyak disukai oleh banyak orang khususnya anak – anak. Mungkin rasanya yang manis dan enak membuat makanan ini lebih banyak di gemari. Namun, dari makanan manis itulah muncul berbagai macam gangguan kesehatan pada anak.

Kecanduan permen, coklat dan makanan manis sejak dini dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti :
  1. Sakit gigi
  2. Gigi berlubang
  3. Gangguan Pencernaan
  4. Obesitas
  5. Hiperaktif
  6. Menghilangkan nafsu makan, dll

Mungkin bagi setiap ibu sudah banyak melakukan cara bagaimana cara untuk mengatasi kecanduan makanan manis pada anak. Nah untuk itu, ada beberapa tips yang dapat dipraktekkan pada anak sehingga tidak lagi kecanduan makanan manis, seperti berikut ini.


Tips Supaya Anak Mengurangi Konsumsi Manisan / Permen / Coklat dan Makanan yang Tidak Sehat Lainnya



Mengatasi Anak yang Kecanduan / Suka Makan Permen, Coklat & Manisan

  • Mencegah dan Berdiskusi
Pada usia tertentu anak akan mencoba semua hal yang ditemuinya, baik itu makanan atau minuman. Untuk itu, lebih baik mencegahnya agar tidak gemar memakan makanan manis dengan cara meminimalkan porsi anak mengkonsumsi makanan manis dan hindari mengkonsumsi secara berlebihan. Dan usahakan selalu melakukan diskusi dengan anak dan memberikan pemahaman mengenai dampak negatif dari banyak memakan permen dan coklat atau makanan manis lainnya yang tidak baik bagi kesehatan. Berikan dua pilihan yang baik dan buruk supaya anak akan lebih dapat memilih yang terbaik bagi dirinya tanpa harus memarahi atau membentak dan bahkan sampai memukulnya hanya karena tidak mau menuruti apa yang diinginkan dari seorang orang tua.

  • Hindari Menghadiahi Makanan Manis
Setelah pergi ke pasar, mall atau supermarket cenderung kita membelikan sesuatu bagi anak di rumah, baik mainan ataupun makanan yang disukai. Untuk itu, hindari memberikan hadiah berupa makanan yang manis seperti permen atau coklat meskipun makanan tersebut sangat disukai oleh anak. Hal inilah yang lama – kelamaan akan membuat anak lebih mencintai makanan manis. Pada akhirnya akan menjadi kecanduan makanan manis, akibatnya terjadilah masalah kesehatan pada anak. Oleh sebab itulah, sebaiknya belikan makanan yang mengandung nilai gizi yang baik bagi kesehatan si anak. Selain itu, hindari juga terlalu sering membawa anak ke toko atau warung dekat rumah yang disana terdapat permen atau makanan manis yang disukainya.

  • Buatlah Makanan Pengganti Permen
Untuk meminimalkan resiko kecanduan permen atau coklat pada anak, sebaiknya sediakan makanan alternatif sebagai pengganti kedua makanan manis tersebut. Sediakanlah buah – buahan atau madu alami yang memiliki rasa manis alami bukan manis buatan seperti yang ada pada permen atau coklat. Buah  - buahan tersebut dapat kita olah menjadi sebuah makanan yang cocok untuk anak – anak seperti bubur atau selai.

Selain itu, perhatikan juga pola makan si anak. Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki nilai gizi dan nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan gizi per harinya.

Nah, itulah tadi beberapa tips cara mengatasi kecanduan permen, coklat dan makanan manis. Jadi, makanan manis memang dibutuhkan oleh anak. Namun, sebagai orang tua kita wajib untuk mengatur porsi makanan manis tersebut dan mengetahui makanan manis apa saja yang baik bagi kesehatan anak dan makanan manis apa saja yang tidak baik bagi kesehatan anak. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D