Cara Mengatasi Anak Ngompol di Kasur Saat Tidur pada Malam Hari

Cara Mengatasi Anak Ngompol

Anak – anak pada usia dibawah 7 tahun biasanya sering mengompol. Hal itu merupakan hal yang wajar, namun apabila sering mengompol di atas usia tersebut perlu adanya tindakan untuk mengatasinya. Sehingga tidak menjadikan sebuah kebiasaan yang memalukan. Pastinya setiap anak dan orang tua tidak mau kan kebiasaan mengompol dijadikan sebuah ejekan dan pembicaraan setiap orang. Nah, bagaimana sih cara mengatasi anak sering mengompol?

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi anak mengompol. Seperti mengajarkan untuk tidak langsung tidur setelah makan, mengajar jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi air dan beberapa cara berikut ini yang dapat di lakukan pada anak dengan menggunakan bahan alami.


Tips Menangani Anak yang Suka Mengompol Saat Tidur di Kasur pada Malam Hari 

  • Buah Jamblang atau Juwet
Buah jamblang atau dikenal juga dengan buah juwet merupakan jenis buah yang memiliki rasa asam dan berwarna ungu tua atau hitam. Apabila kita mengkonsumsi buah ini maka akan meninggalkan warna ungu pada bibir dan gigi. Namun, buah ini juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi anak mengompol. Caranya, siapkan buah jamblang sebanyak 8 buah yang sudah masak dan garam. Bungkus buah jamblang dengan daun pisang dan tambahkan garam secukupnya, kemudian kukus. Setelah matang angkat dan berikan pada anak untuk dikonsumsi ketika hendak tidur.

Bisa juga dengan cara lainnya, pertama – tama  siapkan buah jamblang 7 buah, adas pulasari 4 buah dan gula jawa. Kemudian potong kecil buah jamblang, lalu rebus semua bahan tadi dengan 2 gelas air hingga mendidih. Angkat dan saring airnya, lalu minumkan pada anak dalam keadaan hangat sebanyak setengah gelas sebelum tidur.

  • Telur Ayam Kampung
Cara Mengatasi Anak Ngompol di Kasur Saat Tidur pada Malam Hari
Sumber Foto:
https://pixabay.com/en/child-dream-sleep-rest-face-552090/
Untuk mendapatkan telur ayam kampung harus berhati – hati, sebab sekarang telah marak penjualan telur ayam kampung palsu atau sudah tidak baik lagi. Namun, setelah mendapatkannya dapat dijadikan obat untuk mengatasi ngompol pada anak. Caranya, masukan 7 butir merica atau lada dalam telur ayam kampung dengan cara diberi sedikit lubang di atasnya. Kemudian, rebus sampai matang dan berikan pada anak untuk dimakan saat jam makan malam.

  • Tulang Cumi
Caranya, siapkan bahan – bahan berikut ini :

1. Tulang cumi 10 gram
2. Ginkgo biloba 5 butir diambil isinya saja
3. Cengkeh 2 buah
4. Kayu manis ½ jari
5. Kurma Tiongkok atau angco 5 butir  

Cara Meramu:
Sangrai dengan air garam tulang cumi dan ginkgo biloba secara terpisah. Kemudian rebus semua bahan tadi dengan air 300 cc sampai tersisa setengahnya. Angkat dan saring airnya, lalu minumkan pada anak yang sering mengompol sebelum tidur dalam keadaan masih hangat.

  • Biji Kucai
Caranya, siapkan biji kucai sebanyak 10 gram dan isi dari 5 butir ginkgo biloba yang telah disangrai serta ditambahkan sedikit garam. Kemudian semua bahan tersebut direbus dengan air 300 cc hingga tersisa setengahnya. Angkat dan saring airnya, lalu minumkan dalam keadaan hangat.

Demikian tadi, tips cara mengatasi anak sering mengompol dengan cara alami yang dapat dipraktekkan pada anak. Semoga bermanfaat dan tidak mengompol lagi ya!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D