Bahaya Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas Berlebihan

Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Makanan dengan cita rasa pedas merupakan makanan yang mempunyai banyak penggemar di semua kalangan baik anak kecil hingga orang yang lanjut usia. Di Indonesia banyak sekali cita rasa kuliner yang mempunyai rasa pedas. Apalagi baru-baru ada beberapa rumah makan yang terkenal karena mempunyai menu makanan pedas yang dibedakan menurut tingkatan levelnya. Semakin tinggi levelnya makan semakin pedas rasanya.

Jika Anda salah satu penggemar makanan pedas, sebaiknya mengurangi kebiasaan makan makanan pedas. Rasa pedas sebenarnya juga baik untuk kesehatan yaitu untuk membantu memperlancar sistem pencernaan. Akan tetapi jika makanan pedas dikonsumsi berlebihan dengan tingkat kepedasan yang tinggi justru akan membahayakan bagi kesehatan khususnya bagi organ lambung.

Bahaya Makan Makanan Pedas untuk Kesehatan Tubuh

Bahaya Makanan Pedas

Berikut ini kami akan menguraikan mengenai bahaya makanan pedas bagi kesehatan.


1.      Bahaya Untuk Lambung

Rasa pedas memiliki kombinasi antara rasa panas dan asam, sehingga bila dikonsumsi berlebihan dan terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada dinding lambung. Kita perlu mengetahui bahwa di dalam lambung terdapat zat asam jika di tambahkan dengan zat asam dari luar maka akibatnya akan merusak dinding lambung.


2.      Penyebab Gastristis atau Maag Akut

Makanan pedas juga dapat menyebabkan penyakit maag akut pada lambung atau yang disebut dengan gastristis. Gejala penyakit ini adalah sering merasa mual, kemudian muntah yang disertai dengan diare.


3.      Penyebab Gaster atau Tungkak Lambung

Tungkak Lambung atau gaster adalah penyakit yang menyerang lambung dengan gejala merasakan lambung seperti terbakar karena adanya kerusakan atau peradangan pada lambung kemudian akan dilanjutkan dengan gejala muntah-muntah dan kepala terasa pusing.


4.      Sakit Kepala

Penyebab terjadinya sakit kepala dikarenakan lambung mengalami gangguan, dan biasanya diakibatkan oleh penyakit maag akut atau gastristis sehingga menimbulkan rasa pusing karena adanya asam lambung berlebihan yang naik.


5.      Bau mulut dan pengeroposan pada gigi

Asam lambung yang naik akan mengakibatkan bau mulut, dan gigi menjadi gampang berlubang karena adanya kandungan asam yang berlebihan pada mulut.


Memakan makanan pedas merupakan kebiasaan sulit yang untuk dihindari karena seseorang yang terbiasa makan makanan pedas akan cenderung merasa ada yang kurang jika tak mengonsumsi makanan pedas seperti memakan sayur tanpa garam. Sebenarnya boleh saja mengonsumsi makanan pedas asalkan dengan kadar tingkat kepedasan yang tidak berlebihan dan secukupnya.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D