-->

Bahaya Makan Terburu-buru bagi Kesehatan

Bahaya Akibat Makan Makanan Terlalu Cepat & Terburu-buru

Makan adalah sebuah kebiasaan yang menjadi kebutuhan wajib. Makan bertujuan untuk memberikan asupan energi dan nutrisi untuk tubuh, kegiatan makan dilakukan tiga kali dalam sehari diantaranya adalah sarapan, makan siang dan makan malam. Memilih makan makanan yang mengandung gizi tinggi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Ketika makan, tentunya kita akan mengunyah makanan terlebih dahulu hal itu selain untuk menjaga kesopanan juga dapat untuk menjaga kesehatan tubuh. Idealnya untuk mengunyah makanan 5 hingga 8 kali. Mengunyah makanan merupakan hal yang penting, dengan mengunyah secara perlahan dan tidak makan secara tergesa-gesa karena makan makanan yang terlalu cepat akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Bahaya & Akibat Buruk Konsumsi Makanan Terburu-Buru / Tergesa-gesa

Bahaya makan terburu-buru
Image Source: pixabay.com
Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai bahaya akibat makan makanan terlalu cepat.


1.      Membuat Perut Kembung

Makan makanan yang terlalu cepat akan menyebabkan perut kembung. Hal itu dikarenakan banyaknya angin yang masuk pada saat menyendok dan memasukan makanan di dalam mulut.


2.      Membuat Organ Pencernaan Bekerja Lebih Keras

Saat kita makan, terjadi proses penghancuran makanan saat makanan berada di dalam mulut karena adanya gigi yang berfungsi untuk menghaluskan makanan. Mulut merupakan pos pertama di dalam sistem pencernaan sedangkan organ-organ di perut seperti lambung adalah pos kedua untuk makanan. Oleh karena itu kita perlu mengunyah makanan dengan halus supaya organ pencernaan tidak bekerja dua kali akibat bekerja lebih keras.


3.      Menaikkan Berat Badan

Yang perlu diketahui bahwa di dalam tubuh manusia dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang kepada otak. Apabila, makan makanan yang terlalu cepat akan membuat sinyal kenyang belum diterima oleh otak tetapi di sisi lain, perut sudah terisi penuh.


4.      Meningkatkan Stres Tanpa Disadari

Mengonsumsi makanan yang terlalu cepat akan membuat otak tetap dipenuhi dengan berbagai hal termasuk berbagai masalah yang dihadapi sehingga tidak dapat memecahkan berbagai masalah yang dihadapi, kemudian akan berdampak pada meningkatkan rasa stres.


Kebiasaan sehari-hari yang rutin dilakukan baik itu disengaja atau tidak, pastinya akan berdampak bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, biasakan untuk makan tidak terburu-buru. Karena makan terburu-buru alias tergesa-gesa tidak baik bagi kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel