10 Penyebab Kecerdasan Otak Menurun, Waspadalah!

Penyebab Menurunnya Kecerdasan Otak


Gaya hidup sehari – hari tanpa disadari dapat berpengaruh terhadap kecerdasan, yang dapat membuatnya naik atau bahkan bisa turun. Menurunnya sebuah kecerdasan bisa disebabkan oleh beberapa sebab, seperti kurang mengasah otak dengan membaca atau melakukan kegiatan yang menambah ilmu pengetahuan dan gaya hidup. 


Penyebab Kecerdasan Otak Berkurang

Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut mengenai 10 penyebab menurunnya kecerdasan otak. 


Penyebab Kecerdasan Otak Menurun



1. Kebanyakan Tidur


Tubuh memerlukan istirahat dengan cara tidur dan baik bagi kesehatan tubuh setelah melakukan aktivitas seharian penuh. Namun, tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Hal ini dikarenakan oleh tidur yang lama lebih dari 9 jam per harinya. Selain itu, menurut sebuah penelitian seseorang yang sering dan gemar tidur dapat mengakibatkan depresi. 


2. Kurang Tidur


Ternyata selain sering tidur, kurang tidur juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan otak. kurang tidur juga dapat membuat seseorang mengalami kecemasan dan depresi. Jadi, sebaiknya atur jam tidur selama 8 jam setiap malam, mulai pukul 21.00 hingga 04.00 pagi. 


3. Minuman Beralkohol 


Minuman beralkohol selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, ternyata juga dapat berbahaya  bagi kesehatan mental dan menurunkan kecerdasan. Hal tersebut disebabkan oleh terlalu banyak meminum minuman beralkohol yang melemahkan syaraf dan dapat menimbulkan masalah terhadap memori otak hingga depresi. 


4. Merokok


Merokok juga mampu menurunkan kesehatan otak. Sering merokok dapat mengganggu fungsi otak, mengganggu kesehatan mental dan menurunkan kemampuan mengingat. 


5. Narkoba


Narkoba merupakan salah satu penyebab melemahnya kecerdasan otak paling parah dan juga dilarang penggunaannya oleh negara. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia dalam narkoba tersebut yang dapat melemahkan fungsi saraf, membuat depresi, rasa cemas dan mudah berhalusinasi. 


6. Jarang Berolahraga


Kurang berolahraga dapat menurunkan kesehatan mental dan rentan mengalami stress. Sebab, fungsi dari berolahraga selain dapat menyehatkan tubuh, juga dapat menyehatkan mental. 


7. Stress


Stress merupakan gangguan mental yang sangat cepat menurunkan kecerdasan otak. Sehingga, sangat perlu untuk mencegah dan mengatasi stress supaya tidak berdampak kepada kesehatan otak. 


8. Malas Berpikir 


Dengan berfikir dan terus berinovasi membuat kecerdasan otak semakin meningkat. Sebab, otak terpacu untuk selalu bekerja dan terus bekerja sehingga membuat otak semakin tajam. Namun sebaliknya, apabila pikiran kita jarang untuk diajak berfikir dan berinovasi, maka dapat menurunkan kecerdasan otak. 


9. Otak Kurang Nutrisi


Otak juga sama dengan organ tubuh lainnya, memerlukan nutrisi dari makanan yang sehat. Sebaiknya hindari makan makanan yang berlemak atau makanan yang tidak sehat. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi bagi otak, seperti ikan, telur, sayuran, buah – buahan dan susu. 


10. Lingkungan yang Buruk


Faktor lingkungan sosial juga mempengaruhi kecerdasan seseorang. Contohnya, seorang anak yang hidup di lingkungan yang mayoritas pedagang, maka anak tersebut akan pandai dalam berniaga. Jadi, faktor lingkungan sosial juga dapat mempengaruhi turunnya kecerdasan.


Demikian tadi beberapa penyebab menurunnya kecerdasan otak. jadi, sebaiknya hindari beberapa hal diatas jika menginginkan otak yang cerdas. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D