Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya bagi Kesehatan

Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya

Pepaya merupakan tanaman yang biasa kita temukan di pekarangan rumah atau di kebun. Tumbuhan yang tingginya bisa mencapai 3-4 meter ini, mempunyai bentuk daun yang unik seperti tangan manusia karena tergolong ke dalam tumbuhan yang bertulang daun menjari. Namun, dari bentuk tulang daunnya yang menjari ini mengandung banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Daun pepaya biasanya diolah menjadi panganan yang lezat dan bergizi. Hebatnya semua jenis makanan dari daun pepaya dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya getah yang berwarna putih susu di setiap bagian pohon pepaya memiliki kandungan senyawa anti kanker. Selain dimasak ada pula daun pepaya yang direbus dan diminum airnya untuk diambil manfaatnya. Ya, ada banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun pepaya. Contohnya penyakit batu ginjal, diare, cacingan, keputihan, menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, obat nyeri saat datang bulan, mencegah kanker, hipertensi dan demam berdarah. Nah, banyak kan penyakit yang dapat diatasi dengan air rebusan daun pepaya.

Kandungan Daun Pepaya

Mungkin Anda sekarang sedang bertanya – tanya, apa saja kandungan di dalam daun pepaya tersebut sehingga bisa mengobati banyak penyakit. Baiklah akan saya beritahu kandungan apa saja yang ada di dalam daun pepaya.

Daun pepaya mempunyai kandungan gizi yang beragam, perhatikan table berikut :

Kandungan
Jumlah/100 gram
Vitamin A
18250 SI
Vitamin B
0,15 miligram
Vitamin C
140 miligram
Kalori
79 kal
Protein
8,0 gram
Lemak
2,0 gram
Karbohidrat
11,9 gram
Kalsium
353 miligram
Air
75,4 gram




Selain itu, daun pepaya juga mengandung carposide yang bermanfaat untuk mengobati cacingan. Tidak hanya daunnya saja, hampir seluruh bagian dari pohon pepaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit.

Khasiat Air Rebusan Daun Pepaya bagi Kesehatan

Daun pepaya dapat kita ambil manfaatnya melalui banyak cara, salah satunya dengan merebus dan meminum air rebusan daun pepaya tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan menggunakan air rebusan pepaya dan juga cara mengolah daun pepaya tersebut yang baik dan benar.


Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya
Khasiat Air Rebusan Daun Pepaya

  • Mengobati Demam Berdarah
Demam berdarah merupakan penyakit yang telah banyak memakan korban di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk sehingga mengakibatkan penderita mengalami rasa sakit luar biasa di persendian. Gejala dari penyakit ini adalah timbulnya bintik – bintik merah, sering muntah dan rasa sakit di persendian. Dan dianjurkan untuk segera membawa ke rumah sakit. Namun, penyakit ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun pepaya dan cara ini sudah terbukti akan manfaatnya. Cara mengolahnya cukup mudah, pertama – tama siapkan daun pepaya secukupnya kemudian rebus dengan tiga gelas air putih sampai tersisa satu gelas saja. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minum.

  • Meredakan Sakit karena Haid
Saat mengalami datang bulan, setiap wanita pastinya mengalami rasa nyeri atau sakit di bagian perutnya. Hal ini disebabkan oleh luruhnya dinding rahim dan keluar berupa darah. Efek dari rasa nyeri ini mengakibatkan emosi menjadi meningkat atau suka marah – marah. Anda pastinya sudah pernah mengalami hal tersebut dan bagi para lelaki pernah melihat pacar, sahabat atau istrinya seperti itu. Untuk menghilangkan rasa sakit karena haid dapat di atasi dengan meminum air rebusan daun pepaya. Caranya cukup mudah dengan merebus satu lembar daun pepaya ditambah dengan garam dan asam jawa sampai mendidih. Saring dan minum air rebusan dari semua bahan tadi secara teratur sampai sakitnya reda.

  • Mengobati Hipertensi
Hipertensi merupakan penyakit tensi atau tekanan darah pada manusia meningkat. Penderita hipertensi ditandai dengan rasa pusing di kepala dan terasa seperti di pukul menggunakan palu. penyakit ini dapat diatasi dengan air rebusan daun pepaya yang ditambah dengan madu murni dan diminum dalam keadaan hangat.

  • Kekurangan Nutrisi pada Balita
Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada daun pepaya dapat mengatasi kekurangan gizi pada balita. Kekurangan gizi biasanya ditandai dengan perut yang membuncit. Perlu Anda ketahui apabila kekurangan gizi pada balita dapat berakibat penurunan IQ anak, daya tahan tubuh menurun, dan mengganggu pertumbuhan anak. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan daun pepaya dengan cara direbus dengan 1 ½  gelas air sampai mendidih. Saring dan minumkan dua sendok makan rutin setiap hari pada balita yang mengalami kekurangan gizi.
Jadi, memang ada banyak manfaat air rebusan daun pepaya untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, kita juga harus selalu berolahraga agar badan kita tetap fit. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D