Khasiat & Manfaat Daun Binahong Untuk Asam Urat

Manfaat daun binahong untuk asam urat akan kita bahas dalam artikel ini. Binahong adalah tumbuhan yang mampu hidup di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Memiliki nama latin Basela rubra linn, tumbuhannya berasal dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama Deng san chi yang sudah dari dulu digunakan sebagai obat. Tanaman ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan sampai yang berat.

Tanaman binahong merupakan jenis tanaman merambat  dengan ciri-ciri tingginya bisa mencapai 5 meter, warna batang merah saling membelit dan permukaannya yang halus, daun berwarna hijau dengan daun berbentuk waru seperti daun sirih. Kelebihan dari tanaman binahong ini yaitu semua bagiannya bisa dijadikan obat herbal yang mampu menyembuhkan penyakit.

Daun binahong mengandung cukup banyak antioksidan, fenol, asam arkobat, dan protein cukup tinggi yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Khasiat Daun Binahong sebagai Obat Asam Urat


Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena kelebihan zat purin dalam tubuh. Purin tersebut berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan, makanan yang berasal dari laut, makanan kaleng, telur, kaldu atau kuah kental daging. Zat purin diolah oleh tubuh menjadi asam urat. Apabila kadar asam urat yang berlebih maka ginjal tak mampu untuk mengeluarkannya, kemudian hal itu membuat kristal asam urat akan menumpuk di persendian. Akibat dari penumpukan tersebut akan terasa nyeri, bengkak, dan meradang pada persendian.

Berdasarkan penelitian, daun binahong mengandung saponin, alkaloid, minyak atsin, asam oleanotik dan polifenol.  Daun binahong juga efektif untuk dijadikan sebagai antibakteri karena adanya zat saponin didalamnya jika dilarutkan dengan etanol 70 %.  Dan kandungan alkaloid pada daun binahong memiliki sifat hipoglikemik yang mampu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Daun binahong secara empiris mampu membuat asam urat Anda hilang dan juga membuat tubuh menjadi sehat.

Cara memakainya sebagai obat asam urat cukup dengan memakannya sebagai lalapan atau dengan dijadikan jus yang sebelumnya sudah dicuci dahulu. Untuk penyakit luar seperti luka dapat juga ditumbuk lalu dioleskan pada luka.


Demikian artikel mengenai manfaat daun binahong untuk asam urat.  Seperti yang sudah dijelaskan diatas daun binahong memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Terima kasih karena sudah membaca dan semoga bermanfaat.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D