Manfaat Biji Labu Kuning atau Waluh bagi Kesehatan

Manfaat Biji Labu kuning atau waluh memang sudah tidak diragukan lagi. Labu kuning merupakan tanaman yang berasal dari Amerika yang kini sudah tersebar di berbagai tempat yang memiliki iklim hangat. Labu kuning merupakan tanaman merambat anggota suku labu-labuan (Cucubitaceae). Di Indonesia labu kuning disebut juga sebagai “Labu” saja, walaupun sebenarnya labu memiliki beberapa jenis, seperti labu air, labu siam, labu ular, dan beligo.

Labu kuning berbeda dengan labu lainnya karena buahnya dimakan setelah masak yang berwarna jingga, berbentuk bulat sampai oval dengan lekukan daun buah yang sangat jelas, berukuran relatif besar dan berkuli keras. Buah waluh atau labu kuning ini berwarna orange karena kandungan beta-karoten di dalamnya yang bags untuk antioksidan. Saat dipotong, waluh memiliki penambang besar yang mirip dengan bintang, dengan daging buah yang renyah, rasanya manis dan sedikit masam, serta berbiji besar berwarna putih atau coklat. Daun waluh yang masih muda dapat dijadikan sayur.


Manfaat Biji Labu Kuning
Biji Labu Kuning

Khasiat Biji Labu Kuning

Selain buahnya yang memiliki banyak khasiat, biji dari labu kuning juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Inilah informasi kegunaan biji labu kuning :

  • Menghilangkan nyeri

Biji labu kuning memiliki sifat anti-inflasi yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri efek samping sehingga membantu Anda meringankan rasa sakit kepala yang sedang Anda derita.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Menurut para ahli, jika mengkonsumsi biji labu kuning secara rutin, setidaknya sekali dalam seminggu dapat membantu melarutkan batu ginjal.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan mengkonsumsi biji labu akan terhindar dari penyakit jantung dan koroner karena baik bagi kesehatan jantung Anda.

  • Mengatasi susah makan

Anak-anak biasanya suka memilih-milih makan sehingga sulit jika disuruh makan. Biji labu banyak mengandung protein dan kalori yang membantu anak Anda yang bermasalah dengan makan, dengan cara mengajaknya mengkonsumsi biji labu. Sehingga dapat membantu mengisi perut mereka yang sulit makan.

  • Meningkatkan energy

Mengkonsumsi biji labu sebelum berolahraga sangat baik bagi Anda karena bisa membantu meningkatkan energi dalam tubuh.


Jangan lupa juga ya untuk membaca :

>>> Khasiat Biji Durian Rebus
>>> Manfaat Biji Ketumbar untuk Obat



Demikianlah beberapa manfaat biji labu kuning atau waluh untuk kesehatan. Semoga menambah wawasan Anda !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D