-->

Khasiat Akar Ilalang : Manfaat untuk Kesehatan dan Ginjal

Khasiat akar ilalang memang tidak usah diragukan lagi. Ilalang atau biasa disebut alang-alang, memiliki nama latin Imperata cylindrical termasuk dalam family Panicoideae yang sering dijumpai di area pertanian dan juga merupakan tanaman pengganggu atau gulma. Tetapi walaupun di lahan pertanian tanaman ini menjadi gulma, ternyata banyak juga yang memanfaatkannya.

Khasiat Akar Ilalang
Manfaat Akar Ilalang
Masyarakat di pedalaman Indonesia bagian timur dan di Pulau Dewata memanfaatkan daun ilalang yang telah dikeringkan sebagai bahan atap rumah. Selain itu, masyarakat juga sering menggunakan daun alang-alang sebagai pelindung lahan pertanian yang disebut mulsa. Sedangkan malai dari bunga alang-alang yang berserat halus dapat dijadikan sebagai pengganti kapuk untuk mengisi bantal atau kasur untuk alas tidur yang empuk. Dan yang tak kalah pentingnya, akar ilalang dapat bermanfaat bagi kesehatan yaitu digunakan sebagai obat tradisional. Bagi masyarakat, pada umumnya memanfaatkan akar ilalang sebagai obat penurun panas dan peluruh kencing (diuretika).

Alang-alang mengandung glukosa, citric acid, malic acid, dan juga terdapat senyawa kimia, diantaranya cylindrin, fermenol, coixol, simiarenol, arundion, dan anemonin.

Khasiat Akar ilalang

Akar ilalang sangat bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit, dan beberapa jenis penyakit salah satu diantaranya adalah:

  • Mengobati kencing nanah
Sebagai obat kencing nanah, Anda dapat mempersiapkan sekitar 300 gram akar alang-alang yang segar, kemudian silahkan dicuci sampai bersih dan potong kecil-kecil. Lalu rebus potongan akar tadi dengan 2 liter air dan biarkan hingga airnya tersisa 1 liter. Setelah itu, campurkan gula batu secukupnya, aduk hingga rata. Minumlah tiga kali sehari secara teratur selama kurang lebih 10 hari. 

  • Mengatasi Muntah darah
Akar alang alang juga dapat digunakan sebagai ramuan untuk mengobati muntah darah. Ramuan bisa dibuat dengan cara, siapkan kurang lebih 50 gram akar segar, bersihkan akar dari kulit arinya, cuci bersih dan potong kecil-kecil, kemudian rebus dengan 3 gelas air dan biarakan rebusannya hingga airnya tinggal tersisa 1 gelas. Minum secara teratur dua kali dalam sehari, sampai penyakit muntah darah hilang.

  • Penyakit ginjal akut
Untuk mengobatinya, Anda dapat membuat sejenis ramuan dengan mempersiapkan bahan berupa 100 – 125 gram akar ilalang yang masih segar. Bersihkan akar alang-alang, potong kecil-kecil dan cuci hingga bersih. Rebus potongan akar alang alang tersebut dengan 3 gelas air dan biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan biarkan dingin. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari dua kali setiap pagi dan sore, sampai penyakit ginjal akut sembuh.

  • Obat mimisan
Sebagai obat mimisan, Anda bisa menyiapkan segenggam akar alang-alang segar, cuci bersih, lalu tumbuk peras dan ambil airnya kurang lebih 100 cc dan Anda dapat langsung meminumnya.  

Jangan lupa juga untuk membaca :


Demikianlah beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai khasiat akar ilalang beserta langkah pengobatan alaminya. Semoga membantu !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel