Manfaat Akar Kelor bagi Kesehatan

Manfaat akar kelor untuk menurunkan berat badan dan obat alami penyakit akhir-akhir ini mulai dipertanyakan, banyak orang pun yang browsing untuk mencari khasiatnya. Maka dari itu kami sekarang mencoba untuk mengulasnya. Kelor adalah sejenis tanaman yang merupakan anggota dari suku Moringaceae. Kelor juga disebut dengan merunggai dan memiliki nama ilmiah Moringa oleifera. Pohonnya biasanya mencapai tinggi sampai 11 meter. Daunnya memiliki ukuran kecil tersusun majemuk dalam satu tangkai dan bentuknya bulat.

Biasanya daunnya digunakan sebagai obat alami atau sayur. Sementara itu bunganya mempunyai warna putih yang kekuning-kuningan dan juga memiliki tudung pelepah bunga yang warnanya hijau. Umumnya bunga tersebut akan muncul sepanjang tahun dan berbau semerbak. Sedangkan buahnya bernama kelentang dan bentuknya segitiga serta biasa digunakan sebagai sayur kelentang.

Menurut penelitian oleh Anna Technology University dari India menyatakan bahwa daun kelor memiliki manfaat sebagai pelindung hati atau hepatoprotektor. Sedangkan menurut dr Sidi Aritjahahja seorang dokter dan herbalis dari Yogyakarta menyimpulkan bahwa kelor memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik dalam mengatasi penyakit pencernaan.


Manfaat Akar Kelor
Akar Kelor


Khasiat Akar Kelor / Merunggai


Akar merunggai alias kelor memiliki kandungan seperti glukosit yang dapat menghasilkan rasa yang pedas seperti rasa lobak putih ataupun biji sawa. Akar merungai ini bisa dijadikan sebagai saus seperti halnya saus lobak. Daun, bunga, ranting dan buahnya juga bisa dijadikan menjadi bumbu, akan tetapi tidak sebagus akarnya. Akar ini dipercaya mampu memulihkan kondisi ibu hamil yang lemah setelah melahirkan dengan cara ditumbuk kemudian dioleskan pada perut. Akar dan daunnya juga dipercaya bisa mengatasi penyakit sifilis. Akan tetapi terlalu banyak mengonsumsi akar merunggai juga dipercaya bisa menggugurkan kandungan, maka dari itu harus berhati-hati.

Di dalam pengobatan India, akar merunggai ini juga dipakai sebagai obat gosok untuk mengobati bisul atau bengkak. Sementara itu, di jawa akar ini dipakai untuk mengobati penyakit kulit dan beri-beri. Sedangkan di Amerika Tengah, akar kelor dipakai sebagai obat flu. Ada juga di beberapa daerah yang menggunakan akar ini sebagai obat penyakit ginjal dan malaria.


Sebagai saran, Anda sebaiknya berhati-hati jika ingin memanfaatkan akar kelor ini karena belum ada informasi pembahasan yang lebih mendalam. Artikel mengenai manfaat akar kelor bagi kesehatan ini hanya bertujuan sebagai penambah informasi saja.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D