-->

Manfaat Oatmeal untuk Diet Sehat

Manfaat oatmeal untuk diet
Mengonsumsi oatmeal sebagai menu diet merupakan cara yang sudah tidak asing lagi, manfaat makanan ini tidak hanya berperan sebagai penurun berat badan saja, tetapi oatmeal juga bermanfaat untuk kesehatan. Baru-baru ini banyak para dokter dan para ahli gizi menyarankan pasien diabetes dan pasien penyakit jantung untuk mengonsumsi oatmeal. 

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Oatmeal

  • Oatmeal mempunyai kandungan serat larut dan antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi kolesterol jahat. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa kolesterol jahat dapat meningkatkan terkena penyakit jantung.
  • Makanan ini juga memiliki kandungan fitokimia, magnesium dan serat larut yang berfungsi untuk melawan kanker. Selain itu, kandungan senyawa-senyawa tersebut juga berperan untuk melawan sifat asam pada empedu dan berguna untuk mengurangi racun di dalam tubuh.
  • Hevermut yang terdapat di dalamnya dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh (hipertensi). Selain itu, hevermut juga bisa berfungsi untuk mengendalikan stres. Serat larut yang terkandung di dalam satu porsi oatmeal jauh lebih banyak apabila dibandingkan dengan beras, gandum dan jagung.
  • Selanjutnya, manfaat dari oatmeal ini adalah mudah dicerna. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan serat larut sehingga, sistem pencernaan di dalam tubuh tidak perlu bekerja keras untuk memprosesnya.
Selain yang sudah dijelaskan di atas, fakta lain juga mengatakan bahwa mengonsumsinya dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Untuk memaksimalkan manfaatnya bagi tubuh, maka penting untuk memperhatikan cara penyajiannya. Berikut ini adalah tips penyajian oatmeal sebagai menu diet harian.
  • Sarapan

½ cangkir oatmeal
1  sendok makan kismis
1 buah apel
½ cangkir susu rendah lemak

  • Snack Pagi 

Mengonsumsi buah-buahan, seperti strawberry, apel, anggur, pisang, atau blueberry

  • Makan Siang

½ cangkir oatmeal
1 porsi kacang hijau
1 cangkir yogurt

  • Snack Sore 

½ cangkir sayur-sayuran seperti irisan paprika, wortel dan batang seledri

  • Makan Malam

½ cangkir oatmeal
4 ons dada ayam
1 porsi salad hijau



Setelah mengkonsumsi makanan yang telah disebutkan di atas, juga perlu dengan mengimbanginya dengan cara berolahraga secara teratur supaya mendapatkan hasil diet yang diinginkan. Melakukan olahraga tidak harus dengan olahraga yang berat, cukup melakukan latihan fisik seperti lari pagi atau jalan pagi  selama 30 menit dalam kurun waktu tiga kali dalam seminggu. Selamat mencoba, tapi sebelumnya jangan lupa baca : Manfaat Es Krim untuk Diet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel