Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

Bagi pasutri atau pasangan suami istri, terutama pengantin baru mempersiapkan proses kehamilan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan sehingga mereka diharuskan untuk menjaga pola hidup sehat. Pasalnya, nutrisi yang terkandung di dalam makanan ada yang dapat meningkatkan bahkan ada yang menurunkan kesuburan. Ada beberapa faktor penyebab wanita sulit untuk hamil seperti menopause dini, kerusakan pada saluran telur, gaya hidup yang tidak sehat atau karena kualitas sperma yang rendah. Adapun caranya untuk meningkatkan keseburan pada wanita dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan.


1.    Buah dan Sayuran Organik

Makanan untuk meningkatkan kesuburan wanitaMakanan organik seperti buah dan sayur organik mempunyai banyak kandungan nutrisi yang sehat dibandingkan dengan makanan instan sehingga mempunyai kemampuan untuk membuat wanita cepat hamil.

2.    Daging Ayam

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan zat besi di dalamnya sehingga diperlukan selama program kehamilan karena berperan untuk pembentukan dan perkembangan janin.

3.    Produk Olahan Susu

Susu dan semua produk olahannya mampu memproduksi hormon kesuburan seperti LH dan FSH sehingga dianjurkan dikonsumsi oleh wanita seperti keju, yogurt, susu, es krim dan lain sebagainya.

4.    Vitamin B6

Vitamin B6 mempunyai manfaat tersendiri, yaitu dapat mengatur dan mendukung hormon reproduksi. Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B6 adalah roti gandum, sayuran hijau, kacang-kacangan, sereal dan tauge.

5.    Vitamin C

Selain vitamin B6, wanita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C karena mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem imun yang merupakan salah satu pendukung terjadinya kehamilan.

6.    Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu kandungan nutrisi yang berguna untuk meningkatkan sistem reproduksi pada sel telur sehingga dapat membuat wanita menjadi cepat hamil. Kandungan ini banyak ditemukan di dalam ikan, jeruk, brokoli, asparagus dan lain sebagainya.

Meskipun semua jenis makanan tersebut berguna untuk meningkatkan kesuburan wanita supaya cepat hamil, namun tetap tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. (Baca juga: Tips Mengurangi Nyeri Payudara Pasca Persalinan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D