Manfaat Olahraga Capoeira bagi Kesehatan Tubuh

Capoeira merupakan jenis olahraga latihan tubuh yang sangat kompleks karena termasuk dalam bagian seni beladiri yang menyertakan pemakaian musik, tarian dan ekspresi sehingga lebih dikenal dengan sebutan permainan seni. Namun gerakan yang digunakan sebenarnya tidak bertujuan untuk melawan musuh atau menjatuhkan musuh karena hanya diperuntukkan sebagai permainan seni saja.

Manfaat olahraga capoeira bagi kesehatan tubuh
Image Source: pixabay.com
Meskipun demikian, capoeira merupakan olahraga yang baik untuk mempertahankan bentuk fisik karena dapat membuat otot tubuh perut bagian atas dan bagian bawah untuk bekerja dan menjalin koordinasi yang baik. Oleh karena itu olahraga ini mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

1.    Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Berbagai jenis gerakan seperti dorongan, tarian, badan yang menggulung atau tampak seperti terbang dapat meningkatkan sistem kerja otot dan dapat meningkatkan sistem kerja otot dengan cepat yaitu untuk melakukan proses pembakaran kalori dengan lancar.

2.    Memperkuat Otot Jantung

Gerakan capoeira juga berguna untuk membentuk otot kerja jantung yang lebih kuat yang akan membentuk kekuatan pada stabilitas pada organ jantung.

3.    Otot Menjadi Fleksibel

Gerakan yang dilakukan secara terus menerus dapat membuat otot menjadi fleksibel sehingga akan memperkecil resiko terkena cedera.

Meskipun gerakan capoeira jika dilihat seperti mudah untuk dilakukan, namun semua jenis gerakan ini membutuhkan latihan rutin agar mahir untuk melakukannya. (Baca juga: Manfaat Sit Up bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D