Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mengalami Insomnia

Hampir sebagian besar orang pasti pernah mengalami insomnia, bagi orang yang mengalaminya pasti lebih memilih untuk berada di tempat tidur dan mencoba untuk memejamkan mata. padahal hal tersebut dapat memperparah insomnia karena ada beberapa kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh orang yang sedang mengalami insomnia.

1.    Singkirkan Semua Peralatan Elektronik

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami insomnia
www.mrchealthcare.com
Kehidupan manusia pada jaman sekarang tentunya sudah tidak bisa dipisahkan dengan pengunaan gadget dan peralatan elektronik lainnya, bahkan ketika akan beranjak ke tempat tidur. Padahal cahaya dari peralatan elektronik tersebut dapat membuat penderita insomnia menjadi sulit tidur.

2.    Jangan  Berbaring Terus Menerus

Jika ingin tidur, berbaringlah di tempat tidur sekitar 20 menit. Namun jika lebih dari itu, masih belum bisa tidur sebaiknya carilah sebuah kegiatan di dalam kamar. Redupkan lampu di dalam kamar, kemudian lakukan kegiatan yang santai dan tenang.

3.    Jangan Selalu Melihat Jam

Kemungkinan besar orang yang sulit untuk tidur, akan sering melihat jam tetapi kebiasaan tersebut hanya akan memberikan stimulasi pada otak sehingga dapat membuat otak menjadi aktif dan tubuh akan kembali menjadi segar. Jika merasa sulit untuk tidur, sebaiknya bangun dan lakukan kegiatan yang dapat membuat mengantuk seperti meminum segelas air putih, membaca buku atau membuang air kecil.

4.    Jangan ke Tempat Tidur Jika Belum Mengantuk

Jika belum merasa mengantuk, sebaiknya jangan pergi ke tempat tidur karena hal tersebut hanya akan membuat tubuh menjadi semakin sulit untuk tidur. Terlalu lama berbaring di tempat tidur belum tentu dapat membuat orang yang mengalami insomnia menjadi terlelap.

Jika masih merasa kesulitan untuk tidur, lakukan kegiatan lain yang dapat membuat mengantuk. Namun, pastikan untuk tidak melakukan kegiatan yang sudah dijelaskan sebelumnya karena dapat memperparah insomnia. (Baca juga: Penyebab & Bahaya Tidur Mendengkur / Ngorok dan Cara Mengatasinya)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D