Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Diet

Memiliki bentuk tubuh yang proporsional adalah dambaan setiap orang, terutama bagi para kaum hawa. Banyak cara yang ditempuh untuk mendapatkannya, salah satunya dengan cara diet. Diet  merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh kaum hawa untuk menurunkan berat badan, sehingga didapatkan bentuk tubuh yang diinginkan atau proporsional. Dengan bentuk tubuh yang proporsional, maka akan lebih percaya diri dan menambah kecantikan diri.
Hal yang harus diperhatikan sebelum diet
Image Source: pixabay.com
Namun, untuk melakukan program diet tidaklah bermodalkan mengurangi porsi makanan atau dengan cara tidak makan selama beberapa hari. Diet memang terlihat mudah, tetapi untuk melancarkan program diet tersebut perlu diketahui beberapa hal mengenai diet supaya program diet tersebut tidak gagal atau mengalami kendala.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang seharusnya diketahui oleh seseorang yang ingin menjalankan program diet.
  • Vegetarian, Bukan Pilihan Terbaik
Untuk mengurangi asupan lemak dan kalori, maka banyak orang diet yang berubah menjadi seorang vegetarian. Namun, menjadi seorang vegetarian bukanlah hal terbaik yang harus dilakukan demi mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional. Apabila ingin mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan cukup dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang masih segar serta sehat. Yang terpenting adalah hindari mengkonsumsi makanan cepat saji atau gorengan. Sebab, adanya kandungan lemak jahat dan tinggi akan kalori yang dapat membuat program diet gagal.
  • Hindari Selai Kacang
Selai kacang paling enak apabila dinikmati bersama roti di pagi hari. Tak jarang selai kacang juga digunakan sebagai andalan saat menjalankan program diet. Padahal kacang tidak dapat dijadikan andalan sebagai menu program diet. Sebab selain memiliki kandungan lemak sehat di dalamnya, kacang juga memiliki kandungan kalori yang tidak sedikit. Nah, inilah yang dapat membuat program diet yang sedang dilakukan menjadi gagal apabila dikonsumsi secara berlebihan.
  • Berolahraga, Bukan Berarti Bebas Makan
Melakukan olahraga setiap hari dapat membantu program diet lebih cepat tercapai. Namun, bukan berarti melakukan olahraga secara rutin kemudian dapat dengan bebasnya mengkonsumsi makanan apa saja. Hal ini akan membuat olahraga yang dilakukan setiap hari akan menjadi sia – sia. Sebaiknya, tetap menjaga olahraga secara rutin dan diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan porsi yang cukup serta seimbang. Hindari pula makanan berlemak, digoreng dan cepat saji atau makanan lainnya yang dapat menggagalkan program diet.
  • Jalan – Jalan Saja Tidak Cukup
Ingin memiliki tubuh langsing tapi tidak mau berolahraga? Hal ini sama dengan mustahil. Banyak orang yang enggan berolahraga ketika menjalankan program diet. Mereka hanya memilih untuk menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya tanpa melakukan olahraga setiap hari. Ada pula yang sekedar berjalan – jalan di sekitar rumah atau di taman. Namun, kegiatan berjalan – jalan tersebut tidak cukup untuk membantu penurunan berat badan dan mendapatkan tubuh yang proporsional. Sebab, berjalan saja tidak dapat membakar kalori dan lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Setidaknya, olahraga lari merupakan suatu pilihan yang tepat. Dengan melakukan kegiatan berlari setiap pagi dapat dengan cepat membakar kalori cukup besar.

Jadi, program diet yang sedang dijalan dapat berhasil harus dengan tekat yang kuat dan ikuti beberapa tips diatas supaya program diet tidak menjadi sia – sia. Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Cara Membakar Kalori dalam Tubuh )


Advertisement

Artikel Lainnya :-D