Penyebab Kinerja Otak yang Semakin Menurun


Otak adalah salah satu organ tubuh penting karena berperan untuk mengendalikan semua organ di dalam tubuh. ketika organ otak mengalami masalah, seluruh organ dan sistem syaraf akan ikut terganggu sehingga dapat menurunkan kesehatan tubuh. Selain itu, otak juga berkaitan dengan kecerdasan seseorang karena dapat digunakan untuk berpikir dalam segala kondisi.

kinerja otak menurun
Setiap orang pasti ingin mempunyai otak yang cerdas dan yang mampu digunakan untuk berpikir cepat dalam setiap kondisi. Untuk mewujudkan hal tersebut bahkan sebagian besar orang rela  mengasah otak dan mencari informasi yang berhubungan dengan cara meningkatkan kecerdasan. Padahal usaha tersebut harus didukung dengan mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab kinerja otak menjadi menurun.

1.    Malas berolahraga

Selain berguna untuk menyehatkan tubuh, olahraga juga berguna untuk menyeimbangkan susunan senyawa kimia yang menyusun organ otak.

2.     Konsumsi gula yang berlebihan

Konsumsi gula yang berlebihan akan menganggu proses penyerapan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh otak dan tubuh, sehingga asupan yang diperlukan oleh otak menjadi tidak tercukupi.

3.    Waktu tidur yang kurang

Setelah beraktivitas dan berpikir seharian, otak membutuhkan waktu beristirahat yang cukup karena tanpa istirahat yang cukup, fungsi otak menjadi menurun.

4.    Jarang memanfaatkan potensi yang dimiliki otak

Sering menggunakan akal dan pikiran untuk memecahkan berbagai masalah dapat meningkatkan tingkat kecerdasan otak karena jika tidak dimanfaatkan, fungsi otak akan mengalami penurunan untuk berpikir.

5.    Selalu bergantung dengan kecanggihan teknologi

Banyak informasi yang bisa diingat dengan memori otak, namun sebagian besar manusia sering menggunakan perkembangan teknologi untuk mendapatkan informasi dengan cepat.

6.    Sering mengkonsumsi minuman beralkohol

Terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol tidak hanya dapat menurunkan fungsi otak namun juga akan merusak otak.

Sebenarnya kunci utama untuk meningkatkan kerja otak adalah dengan menghindari penyebab-penyebabnya. (Baca Juga: Penyebab Pendarahan Otak (Brain Homorrhage))

Advertisement

Artikel Lainnya :-D