Manfaat Mandi Air Hangat untuk Pengobatan Tradisional

Setiap orang akan mendambakan kecantikan dan keserasian dalam penampilannya. Kesehatan jasmani banyak dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan seseorang melalui pola hidup teratur seperti pola makan, pola tidur, olah raga dan perawatan diri. Kebiasaan atau pola hidup yang tidak baik, seperti merokok, kurang  istirahat, makan tidak bergizi, pemakaian kosmetik yang berlebihan, jarang mandi akan membuat penampilan menjadi lesu, tidak bertenaga dan tidak segar.
Manfaat mandi air hangat untuk pengobatan tradisional

Image Source: pixabay.com
Kesehatan jasmani yang dimiliki sangat dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan seseorang melalui pola hidupnya seperti pola makan, pola tidur, pola olahraga, hingga perawatan dini. Seperti halnya dengan kebiasaan mandi. Selain dapat membuat tubuh menjadi segar, kebiasaan mandi secara teratur juga berguna untuk menghilangkan bau badan, menghilangkan debu dan sel-sel kulit mati.
Namun, mandi menggunakan air dingin atau air hangat memiliki efek berbeda. Air hangat dapat membuat otot tubuh terasa rileks. Sementara mandi menggunakan air dingin dapat membuat tubuh terasa segar. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mandi pagi menggunakan air dingin dan mandi air hangat pada sore hari atau saat menjelang istirahat.
Mandi dengan menggunakan air hangat atau air dingin akan memberikan efek berbeda. Air hangat dapat membuat otot tubuh terasa rileks, sementara air dingin dapat membuat badan terasa segar. Pagi hari sebelum memulai kegiatan sepanjang hari, lebih dianjurkan untuk mandi air dingin, sedangkan mandi air hangat lebih tepat dilakukan pada sore atau malam hari menjelang istirahat.
Jika dibandingkan  dengan air dingin, mandi menggunakan air hangat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Mandi air hangat dengan suhu sekitar 32 – 35 derajat Celsius selama 10 hingga 20 menit dapat membuka pori-pori yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Mandi air hangat juga sangat berguna bagi para penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah sekitar 13%.
  • Mandi air hangat yang sudah ditambahkan dengan baking soda berguna untuk mengatasi penyakit kulit tertentu seperti gatal, ruam dan eksim.
  • Mencampurkan air hangat dengan tetesan minyak esensial seperti lemon, lavender atau peppermint. Merendam kaki selama 10-20 menit ke dalam larutan tersebut berguna untuk mencegah flu dan sakit kepala.
  • Jika tubuh terasa pegal, rendamlah kaki ke dalam air hangat dengan suhu sekitar 37 derajat Celsius yang dicampur dengan sedikit garam.
Selain mudah dilakukan, membuat larutan air hangat untuk mengobati penyakit tertentu juga aman untuk diterapkan. (Baca Juga: Manfaat Mandi dengan Air Dingin di Pagi Hari bagi Kesehatan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D