Macam-Macam Cedera pada Otot dan cara Menyembuhkannya

Cedera otot adalah kondisi dimana otot merasakan rasa sakit tiba-tiba setelah melakukan aktivitas fisik seperti latihan. Cedera otot merupakan hal yang biasa terjadi secara mendadak, hal tersebut akan menganggu aktivitas sehari-hari. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai macam-macam cedera otot dan cara menyembuhkannya.

Macam-macam cedera otot dan cara menyembuhkannya
Image Source: pixabay.com
1. Otot dan Sendi Terkilir

Terkilir otot disebabkan oleh adanya kontraksi otot yang berlebihan dan terjadi secara tiba-tiba. Otot yang terkilir biasanya terjadi akibat melakukan pemanasan tidak sesuai teknik, selain itu kondisi otot yang lelah juga dapat menyebabkan terkilir. Sedangkan terkilir sendi disebabkan oleh adanya tekanan yang berlebihan pada saat melakukan aktivitas di tempat yang permukaannya tidak rata. Terkilir sendi juga bisa disebabkan karena jatuh dalam posisi yang salah serta pada saat melakukan putaran berlebihan pada sendi tertentu.

Untuk pencegahan sebaiknya lakukan pemanasan dan peregangan otot yang baik. Namun, jika sudah terkilir sebaiknya diatasi dengan cara mengistirahatkan bagian tubuh yang terkilir, kompres dengan es, balut daerah yang terkilir dengan kompresi elastis untuk meminimalkan peradangan, untuk mencegah pembengkakan tinggikan setinggi jantung dan saat tidur letakkan bantal di bawah bagian tubuh yang cidera.

2. Kram Otot

Kram otot disebabkan karena adanya kinerja otot yang berlebihan, hal tersebut akan menyebabkan terjadinya ketegangan otot pada posisi tertentu dalam waktu yang lama. Dehidrasi serta adanya indikasi suatu penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab kram otot. Kram otot akan menimbulkan rasa sakit dan begitu sulit untuk digerakkan. Kram biasa terjadi pada daerah paha dan betis. Untuk pencegahan sebaiknya lakukan pemanasan dan peregangan sebelum melakukan latihan atau aktivitas yang berat kemudian minumlah air putih secara berkala.

Kram otot bisa dilakukan dengan cara melakukan peregangan di bagian tubuh yang kram. Misalnya, kram terjadi pada kaki saat posisi tertekuk, sebaiknya cobalah untuk meluruskan kaki dengan lembut dan pelan. Awalnya memang sakit, tapi tahan sebentar sakitnya hingga posisi kaki benar-benar lurus. Kemudian kompres bagian kaki yang terasa kram dengan air es.

3. Leher Kaku

Leher kaku disebabkan karena adanya kontraksi otot leher. Ketika hal ini terjadinya, tentunya akan kesulitan dan akan terasa sakit saat menengok. Rasa sakit yang disebabkan oleh leher kaku dapat menyebar hingga ke bahu dan punggung. Leher kaku biasa terjadi karena duduk terlalu lama, posisi tidur yang salah, melakukan gerakan mendadak yang melibatkan otot leher. Untuk mengatasi leher kaku sebaiknya duduklah dengan rileks dengan melakukan peregangan dengan lembut. Kemudian oleskan krim yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Cedera otot merupakan hal yang dialami pada saat melakukan aktivitas, untuk menghindari terjadinya cidera otot sebaiknya lakukan pemanasan dan peregangan sebelum melakukan latihan atau aktivitas lainnya. Selain itu, penting untuk mengetahui penanganan cedera otot yang benar.(Baca Juga: Cara Mengobati Pegel Linu dan Nyeri Sendi )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D