Berapa Banyak Kalori dalam Kerupuk?

kalori kerupuk
Krupuk adalah makanan yang dapat memberikan sensasi kriuk dan garing di mulut, hal tersebut membuat orang yang memakannya tidak berhenti untuk mengunyah.  Krupuk biasanya dikonsumsi sebagai teman makan dan terkadang dikonsumsi untuk camilan karena rasanya yang renyah dan gurih.

Krupuk merupakan makanan yang terbuat dari tepung tapioka atau yang sering disebut dengan tepung kanji. Pembuatannya menggunakan  bumbu seperti, vetsin, garam dan bawang. Selain itu, ada juga variasi krupuk yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti ikan, umbi-umbian dan sayuran.

Di dalam 100 gram krupuk atau 6 buah krupuk terdapat 476 kandungan kalori, 21.1 gram lemak, 71.3 gram karbohidrat dan 0.1 gram protein. Sedangkan dalam satuan krupuk atau di dalam satu krupuk bulat terdapat 71.1 kalori, 3.3 gram lemak, 10.6 karbohidrat dan 0.015 gram protein.

Karena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, krupuk dapat menyebabkan obesitas terutama bagi orang-orang yang memiliki gen obesitas. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, yang melibatkan 37.000 pria dan wanita. Penelitian tersebut juga telah melibatkan 14.355 anak-anak berusia 9 – 14 tahun. Mereka semua diketahui memiliki tingkat kebiasaan makan dan aktivitas yang berbeda.

Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa anak-anak yang lebih senang mengonsumsi gorengan memiliki kandungan indeks glikemik yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi gorengan. Hal tersebut disebabkan karena minyak goreng yang digunakan dapat meningkatkan jumlah lemak jenuh, lemak trans dan kalori dalam makanan yang digoreng khususnya krupuk.

Mengonsumsi 100 gram krupuk atau 6 krupuk setara dengan dua setengah piring nasi, karena di dalam 100 gram nasi putih hanya terkandung 175 kalori. Sebenarnya, boleh saja mengonsumsi krupuk asalkan dalam porsi yang tidak berlebihan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengonsumsi krupuk :
  • Pilih kemasan terkecil
  • Lihat kandungan lemaknya
  • Pilih yang mengandung sedikit banyak garam
  • Lihat keterangan yang terdapat di dalamnya
Mayoritas orang tentunya banyak yang menyukai krupuk untuk itu tetap mengkonsumsinya dalam porsi bijaksana. Terlalu banyak mengonsumsi krupuk akan mengakibatkan kegemukan dan obesitas. Pembaca tentunya sudah mengetahui bahwa mereka yang memiliki obesitas akan lebih beresiko terkena penyakit serius seperti jantung, diabetes dan stroke. (Baca Juga: Jumlah Kalori Sepiring Nasi Putih )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D