Jumlah Kalori Sepiring Nasi Putih

Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat di Indonesia. Hal tersebut membuat nasi putih sangat familiar dan dikenal banyak manfaatnya bagi kesehatan. Namun, apakah pernah menghitung kandungan kalori di dalam makanan pokok sehari-hari ini? 

Menghitung jumlah kalori di dalamnya biasanya dihitung menggunakan satuan 1 porsi,1 cup, 1 piring dan biasa dihitung dengan satuan gramnya. Untuk orang awam hal itu sangat membingungkan karena ukuran dalam setiap piring tentunya berbeda dan akan malas jika mau makan selalu menimbang berat nasi putih yang ingin dikonsumsi.

Tips Menghitung Jumlah Kalori Nasi Putih Satu Piring



Kandungan Kalori Sepiring Nasi

Cara mudah menghitung kalorinya bisa dilakukan dengan menghitung dengan patokan jumlah suapan yang dimakan. 100 gram nasi putih dianalisis mengandung 129 kalori, kemudian 10 gramnya sama dengan 1 sendok makan nasi putih yang mengandung 13 Kkal. Hal itu dikarenakan dalam 100 hingga 150 gram makanan pokok ini terdiri dari 10 hingga 15 suapan.

Selain terdapat kandungan kalori, di dalamnya juga terdapat kandungan sekitar 28 karbohidrat, 2 gram protein serta memiliki kandungan air. Hal itu yang membuat bahan alami ini menjadi sumber utama bagi tubuh karena mudah diserap menjadi bentuk energi. Dengan adanya kandungan tersebut, maka mengonsumsi nasi putih dapat memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan oleh tubuh. Energi berfungsi untuk memelihara organ tubuh supaya bekerja dengan baik pada saat melakukan aktivitas.

Manusia membutuhkan kalori 2 gram per berat badan yang dimilikinya. Namun, bagi orang yang memiliki aktivitas tinggi atau bagi orang yang ingin menambah berat badan dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalori 3 hingga 4 gram per berat badan yang dimiliki. Mengonsumsinya juga harus disesuaikan dengan banyaknya aktivitas, jika kalori dalam bentuk energi tidak segera dipakai akan menumpuk menjadi lemak.

Bagi orang penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nasi putih berlebihan karena memiliki kadar gula yang cepat diserap oleh tubuh. Selain itu, mereka yang sedang melakukan program diet lebih dianjurkan untuk mengonsumsi nasi merah karena nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nasi putih.

Mengonsumsi makanan ini juga harus tetap disertai dengan memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya seperti mengonsumsi sayuran, lauk-pauk dan buah-buahan supaya kebutuhan gizi menjadi seimbang. Karena memiliki sifat yang mengenyangkan, setelah mengonsumsi nasi putih harus  diimbangi dengan melakukan aktivitas untuk mencegah terjadinya obesitas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa juga membaca: Bahaya Makan Nasi dicampur Mie Instant
Advertisement

Artikel Lainnya :-D