Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan Tubuh


Kacang panjang termasuk dalam jenis sayuran kacang-kacangan yang biasanya diolah dengan cara ditumis, campuran sayur lodeh, sayur asem serta dapat dikonsumsi sebagai lalapan. Sayuran ini bisa ditemukan dimana-mana dengan harga yang relatif murah. 

manfaat kacang panjang
Pada umumnya tanaman ini tumbuh subur pada tanah yang mengandung banyak humus di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, tanaman ini juga mempunyai sifat yang mudah ditanam sehingga tidak sulit untuk membudidayakannya.

Selain dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan kuliner, tanaman ini juga mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena segala jenis kacang-kacangan termasuk kacang panjang mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, di dalam kacang panjang terdapat kandungan gizi berupa vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin K, beta-karoten serat, pektin, fosfor, riboflavin dan zat besi. Semua kandungan tersebut merupakan sebuah kombinasi yang berperan untuk menjaga kesehatan tubuh serta dapat merasang enzim-enzim baik, di sisi lain di dalamnya juga terdapat kandungan sumber protein nabati yang lebih ramah jika dibandingkan dengan protein hewani.

Inilah, Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan Tubuh :


1. Mencegah Penyakit Diabetes

Kacang panjang merupakan salah satu sayuran jenis kacang-kacang yang mempunyai kemampuan untuk mengontrol kadar gula berlebih di dalam darah, hal itu tentunya sangat berguna untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, di dalamnya terdapat kandungan gula dan kalori rendah sehingga sangat aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Di dalamnya terdapat kandungan vitamin K tinggi yang berperan untuk mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah, yang merupakan salah satu faktor umum terjadinya penyakit gagal jantung dan jantung koroner. Sebuah penelitian terbaru juga telah mengungkapkan bahwa di dalam sayuran ini juga terdapat kandungan vitamin K2 yang dikombinasikan dengan vitamin D sehingga dapat mencegah terjadinya pengapuran pada arteri koroner sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

3. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Tingginya kandungan vitamin K yang dimiliki, menjadikan sayuran ini mempunyai kemampuan untuk mencegah terjadinya osteoporosis karena kandungan tersebut dapat memenuhi kebutuhan vitamin K hingga 20%.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain dapat mencegah penyakit osteoporosis, kandungan vitamin K dan mangan yang dimilikinya berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi yang dimiliki berperan untuk melancarkan sistem pencernaan dan dapat menjaga organ-organ pencernaan sehingga dapat mencegah berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare maupun kanker usus besar.

6. Sumber Antioksidan

Di dalam sayuran ini terdapat kandungan sumber antioksidan yang terdiri dari vitamin C, mineral dan beta-karoten, kandungan tersebut berperan untuk menangkal terjadinya radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit serius seperti penyakit kanker.
 
Setelah mengetahui manfaat kacang panjang, sebaiknya biasakan mengkonsumsinya secara teratur supaya mendapatkan hasil yang maksimal dengan tetap mengimbanginya dengan makanan lainnya yang sesuai dengan semboyan 4 sehat 5 sempurna. Baca juga: Khasiat Konsumsi Kacang Mede untuk Tubuh
Advertisement

Artikel Lainnya :-D