Bahaya Tidur Tengkurap bagi Kesehatan & Kecantikan

Kesehatanpedia.com - Istirahat atau tidur merupakan kegiatan yang diperlukan oleh setiap orang, mulai dari anak – anak sampai orang dewasa dan manula. Waktu ideal untuk istirahat adalah kurang lebih 8 jam per harinya di malam hari. Atau tergantung kebutuhan setiap individu. Waktu malam hari merupakan waktu yang pas dan bagus untuk beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas atau bekerja.

Bahaya Tidur Tengkurap bagi Kesehatan & Kecantikan
Image Source: pixabay.com
Tidur  juga memiliki banyak posisi yang baik saat melakukannya Contohnya posisi berbaring atau posisi miring ke samping kanan atau kiri dapat memperlancar proses tidur dan membuatnya semakin nyaman, sehingga keesokan harinya atau saat bangun tubuh akan kembali segar serta bersemangat kembali. Namun, apa jadinya jika tidur dengan posisi tengkurap?

Posisi tengkurap saat tidur merupakan hal yang banyak dilarang dan tidak dianjurkan oleh banyak orang. Sebab dapat mengganggu kesehatan dan membuat tidur kurang nyenyak. Begitu juga saat bangun, akan dapat memberikan rasa yang tidak nyaman bagi tubuh. Rosul juga melarang umatnya untuk tidur tengkurap. Nah, kenapa sih tidur tengkurap itu dilarang dan apa saja dampak yang di dapatkan saat tidur dengan posisi tengkurap? Berikut jawabannya!

Dampak Buruk & Efek Negatif Tidur Tengkurap untuk Pria & Wanita

  • Mengganggu Sistem Pernafasan
Posisi tidur tengkurap sudah pasti menghadapkan badan pada kasur atau tempat tidur dengan badan menghadap ke bawah. Dengan posisi tersebut secara otomatis hidung akan tertutup oleh bantal sehingga dapat mengganggu pernafasan. Selain itu, bagian dada akan beralih fungsi untuk menopang badan. Sehingga dengan posisi tersebut dada akan menjadi tertekan dan membuat nafas menjadi sesak. Apalagi bagi penderita asma atau sesak nafas, sangat tidak dianjurkan untuk tidur dengan posisi tengkurap sebab dapat memperburuk penyakit tersebut.
  • Menghimpit Jantung
Tidur tengkurap juga dapat membuat jantung menjadi terhimpit. Hal ini disebabkan oleh tekanan saat tidur dengan cara seperti ini. Sehingga dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan pada jantung. Selain itu, tidur tengkurap dapat mengganggu kerja sistem saraf pusat atau otak. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh begitu pula ke otak menjadi terganggu karena terhimpitnya jantung tadi. Untuk itu, hindarilah cara ini dan latih anak – anak untuk tidak terbiasa dengan posisi tidur tengkurap.
  • Pegal – Pegal
Istirahat seharusnya memberikan rasa segar dan bugar saat bangun tidur. Namun dengan posisi tidur yang salah juga dapat membuat tidur tidak menjadi berguna, malah membuat badan menjadi pegal – pegal. Ini dikarenakan posisi tidur tengkurap, sebab posisi ini harus memiringkan kepala ke kiri atau ke kanan untuk menghindari hidung tertutup oleh bantal. Apabila semalam dengan posisi ini, maka saat bangun nanti rasa pegal – pegal pada leher dan punggung tidak terelakkan.
  • Kulit Keriput atau Penuaan Dini
Tidur disebut juga dengan beauty sleep, sebab saat tidur dengan kondisi yang nyenyak akan membuat tubuh menjadi segar saat bangun nantinya. Namun, apabila tidur dengan posisi tengkurap bukannya beauty sleep yang akan didapat, tetapi keriput pada kulit wajah yang mengacam nantinya. Kenapa tidur tengkurap dapat menyebabkan keriput?

Keriput pada wajah dapat cepat terjadi pada seseorang yang sering tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini disebabkan oleh kulit wajah yang bersentuhan langsung dengan bantal. Bantal yang tidak terjaga kebersihannya dapat menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab jerawat serta mengakibatkan penuaan dini. Ditambah lagi posisi tidur tengkurap dengan memiringkan kepala dapat membuat sering ngeces atau suka berliur.

Demikian tadi dampak dari tidur tengkurap bagi kesehatan. Jadi, posisi ini  tidak disarankan dan tak dianjurkan oleh para ahli, sebab memiliki dampak negatif yang dapat menyebabkan beberapa macam gangguan pada tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat tidur nyenyak! Baca juga artikel ini: Dampak Buruk Menyalakan Lampu Saat Tidur(kes/sam)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D