Kalori Gado-gado Sayur tanpa Lontong / Nasi

Kalori Gado-gado

Kalori Gado-gado
Setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang tidak sama, kebutuhan tersebut sesuai dengan aktivitas yang dilakukan dan sesuai dengan ukuran tubuh. Pada umumnya orang yang berusia 18 hingga 45 tahun dengan aktivitas sedang, membutuhkan asupan kalori sebanyak 1800-2000 Kkal setiap harinya. Sedangkan, untuk orang yang memiliki aktivitas rendah hanya membutuhkan asupan kalori di bawah 1800 Kkal.

20-25 persen kebutuhan kalori tersebut dipenuhi pada saat mengemil. Padahal jumlah kebutuhan itu harus tetap dibagi dengan pola makan tiga kali dalam sehari. Memenuhi kebutuhan kalori dengan porsi yang pas sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karena jika terdapat kelebihan kalori, maka tubuh akan menyimpannya menjadi lemak. Apabila lemak semakin menumpuk akibatnya akan memicu terjadinya obesitas dan gangguan kesehatan lainnya.


Kandungan Kalori di dalam Sepiring / Satu Porsi Gado-gado 

Untuk itu diperlukan untuk menghitung kandungan kalori yang terdapat di dalam makanan yang akan dikonsumsi, sama seperti menghitung kalori dalam seporsi gado-gado. Gado-gado sendiri adalah makanan yang nikmat dikonsumsi untuk makan siang. Namun, gado-gado memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yaitu sekitar 300-1000 Kkal, tergantung pilihan isinya.

Sebaiknya, pilihlah lontong yang tidak terlalu padat, karena lontong yang keras dan padat mempunyai kandungan tinggi karbohidrat. Lontong dengan panjang 15 cm yang memiliki kekerasan standar dianalisis memiliki kandungan kalori sebesar 150 Kkal, di tambah lagi dengan aneka sayuran sebanyak dua genggam (tidak memakai kentang) hanya mengandung kalori sebesar 40 Kkal.

Sebenarnya yang mengandung banyak kalori dalam gado-gado adalah bumbu kacangnya. Biasanya jika membeli gado-gado, penjual akan memberikan bumbu kacang yang sangat banyak hingga tak terlihat sayurannya. Untuk menghindari kandungan kalori yang berlebihan, sebaiknya pisahkan bumbu tersebut dari sayurannya.

Selain itu, ada pula krupuk atau emping yang dipakai sebagai komponen pelengkap untuk gado-gado. Sama seperti bumbu kacang krupuk juga memiliki kandungan tinggi kalori, karena itu kurangi porsi krupuk di dalam gado-gado.

Sekilas gado-gado memang terlihat sebagai makanan yang menyehatkan karena terdapat aneka sayuran di dalamnya. Namun, sekarang pembaca lebih mengerti berapa banyak kandungan di dalam gado-gado. Boleh saja mengonsumsi gado-gado, asalkan tetap memperhatikan kandungan yang pas di dalamnya. Jumlah kalori yang tinggi di dalam gado-gado dapat dikurangi dengan cara memilih lontong yang tidak padat, tidak memakai kentang, memisahkan bumbu kacangnya serta mengurangi porsi krupuk atau empingnya.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D