Dampak & Bahaya Radiasi HP bagi Wanita Hamil

Di jaman yang serba modern ini, hampir semua orang sudah mengenal tentang ponsel. Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi genggam yang mudah dibawa kemana saja. Alat komunikasi tersebut hadir dengan berbagai fitur canggih yang diproduksi menjadi beberapa produk variasi Smartphone, Windows dan lain sebagainya. Kehadiran alat tersebut memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dan dapat mengakses apapun di situs pencarian seperti Google. 

Namun, dibalik kecanggihan perangkat tersebut dapat memberikan dampak buruk akibat radiasi yang ditimbulkan. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa radiasi yang dihasilkan dari ponsel yang mendapatkan panggilan atau telepon dapat mematangkan telur mentah. Dengan demikian apabila terjadi dalam jangka panjang akan berdampak pada gangguan struktur DNA. Pengaruh buruk radiasi ponsel juga akan berakibat fatal terhadap kesehatan wanita.


Efek Negatif & Bahaya Buruk dari Radiasi Ponsel untuk Kesehatan Wanita


 1.      Dapat Menganggu Kehamilan 
Dampak buruk radiasi ponselSebuah penelitian yang dilakukan oleh Yale School of Medicine di Australia, menunjukkan bahwa radiasi yang dihasilkan oleh ponsel dapat mempengaruhi perkembangan otak janin. Apabila calon ibu terbiasa meletakkan ponselnya di dekat rahim akan menganggu kerusakan sel sehingga menyebabkan keguguran pada kehamilan yang berusia 2 hingga 3 bulan. 

2.      Melahirkan Anak Yang Hiperaktif
Wanita hamil yang sering menggunakan ponsel akan menyebabkan adanya gangguan perkembangan otak janin sehingga bayi akan memiliki sifat hiperaktif. Melahirkan anak yang hiperaktif dikhawatirkan dapat menganggu proses pemahaman dan emosi di lingkungan sekitarnya, anak hiperaktif cenderung lamban berpikir karena sangat aktif untuk selalu bergerak dan beraktivitas.  

3.      Memicu Kanker Payudara 
Berhentilah untuk meletakkan ponsel di dalam saku baju, hal tersebut disebabkan karena paparan radiasinya dapat mengembangkan sel-sel kanker. Adanya radiasi microwave yang masuk di dalam jaringan lemak pada payudara akan menyebabkan kanker payudara. Sebaiknya, letakkan ponsel di dalam tas maupun dompet agar terhindar dari resiko terkena kanker payudara. 

4.      Memicu Kanker Otak 
Ponsel yang sering digunakan sampai suhunya berubah menjadi panas akan mengeluarkan radiasi ponsel zat karsinogenik, zat tersebut dapat memicu adanya kanker otak. Menggunakan ponsel dalam waktu yang lama saat menerima telepon dan menelepon dapat meningkatkan glioma dan resiko terhadap kanker otak akustik neuroma. 

5.      Menjadi Pelupa 
Selain dapat memicu kanker otak, sering menggunakan ponsel ketika menelepon atau menerima telepon akan berpengaruh terhadap daya pikir. Radiasi yang dipancarkan dari ponsel dapat mempengaruhi dan menganggu daya ingat sehingga menjadi pelupa. Jika, menggunakan ponsel saat menelepon dalam waktu yang lama sangat disarankan untuk menggunakan loudspeaker. 

Menggunakan ponsel sebenarnya tidak dilarang asalkan mengetahui cara penggunaannya dalam waktu yang tidak berlebihan serta penting juga untuk meletakkannya dengan baik. Sebaiknya, jangan meletakkan ponsel pada bagian tubuh seperti jantung, payudara, alat reproduksi, ginjal, perut dan lain sebagainya. Setelah mengetahui informasi ini, sebaiknya baca juga: Keuntungan Mematikan Ponsel saat Tidur dan Bahaya Bila Mengaktifkannya
Advertisement

Artikel Lainnya :-D