Manfaat Mematikan HP / Smartphone Saat Tidur

Manfaat Mematikan Handphone / Ponsel / Smartphone Saat Tidur


Di era modernisasi seperti saat ini, teknologi sudah tidak berhenti untuk berinovasi dan berkembang. Teknologi tercipta untuk memudahkan kehidupan dan aktivitas sehari – hari, salah satunya dalam bidang komunikasi.  


Ponsel merupakan salah satu jenis teknologi yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Ponsel memiliki manfaat yang luar biasa dalam bidang komunikasi dan tidak pernah ada matinya. Dimana dan ke mana pun pergi, ponsel tidak pernah lepas dari genggaman. Alasan dibalik itu semua adalah agar tetap dapat selalu berkomunikasi dengan keluarga, rekan atau sahabat dan selalu mendapatkan update informasi setiap waktu, tidak lepas saat hendak tidur. 


Manfaat Menonaktifkan HP Saat Tidur & Bahaya Mengaktifkannya



Kebiasaan mengoperasikan ponsel sebelum tidur, lalu meletakkannya di samping atau di bawah bantal merupakan hal yang sering di lakukan oleh kebanyakan orang. Padahal kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan dan adapun alasannya seperti berikut ini. 


Mematikan HP Saat Tidur
  • Adanya Radiasi Elektromagnetik 

Ponsel dan jenis gadget lainnya memiliki sinar radiasi elektromagnetik yang dapat membahayakan kesehatan apabila  tubuh terlalu lama terpapar sinar tersebut. Sinar radiasi tersebut dapat memicu tumbuhnya sel kanker dan tumor pada tubuh. Selain itu, juga dapat menyebabkan ruam atau kulit memerah padi bayi atau anak – anak karena kulitnya yang masih sensitif. 



  • Menyimpan Panas 

Ponsel akan mudah panas ketika sering kita operasikan dan menyimpan panas tersebut di dalamnya. Panas tersebut dapat memberikan rasa menggigit dan membahayakan kesehatan. Sehingga alangkah baiknya jika sebelum tidur matikan ponsel dan menaruhnya jauh dari jangkauan. 



  • Mengeluarkan Cahaya Blue Light 

Gadget, termasuk ponsel juga dapat mengeluarkan cahaya blue light. Cahaya tersebut memiliki dampak negatif terhadap kesehatan, penelitian menyebutkan jika cahaya ini dapat mengganggu produktivitas hormon melatonin, yaitu hormon yang dapat membuat setiap orang tidur. 



Walaupun alat komunikasi seperti ponsel tersebut sangat berarti dan penting bagi kehidupan sehari – hari, tapi harus juga memperhatikan segi keamanan pemakaian alat komunikasi tersebut. Contohnya saat hendak tidur matikan dulu ponsel yang dimiliki dan menjauhkan dari jangkauan. Sehingga menyehatkan tubuh dan membuat tidur semakin nyenyak juga.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D