Bahaya Memakai Softlens Terlalu Lama

Bahaya Memakai Softlens

Bahaya Memakai SoftlensSemakin berkembangnya jaman, makin banyak diciptakan penyempurnaan alat untuk membantu kehidupan manusia, terutama di dunia fashion dan kesehatan contohnya softlens. Kontak lensa atau softlens adalah sejenis lensa pengganti kacamata minus atau plus yang praktis dan efisien. Sehingga bagi para penderita rabun jauh atau rabun dekat bisa tidak menggunakan kacamata sebagai alat bantu melihat. Sedangkan untuk di dunia fashion, penggunaan kontak lensa atau softlens biasanya untuk merubah warna lensa mata sesuai dengan keinginan. Contohnya ingin memiliki warna mata biru atau hijau seperti orang Eropa atau orang Timur Tengah bisa dengan menggunakan kontak lensa.

Efek Samping Memakai Lensa Kontak bagi Kesehatan Mata

Setiap alat atau semua hal di dunia ini pasti punya dampak positif dan dampak negatifnya, begitu pula dengan penggunaan lensa kontak bagi kesehatan mata. Ada beberapa gangguan dan masalah yang dapat ditimbulkan dari penggunaannya pada mata seperti berikut ini.

  • Iritasi Mata
Penggunaan kontak lensa atau softlens secara terus menerus ditambah kurangnya perawatan pada softlens yang digunakan ataupun debu dapat mengakibatkan iritasi pada mata. Sebaiknya, untuk menghindari iritasi pada mata dapat dilakukan dengan menjaga selalu kebersihan lensa dan juga jangan sampai lensa tersebut kering. Cuci lensa dengan cairan khusus serta selalu bawa obat tetes mata khusus penggunaan softlens untuk digunakan membersihkan debu penyebab iritasi mata.

  • Softlens Rusak
Saat tidur, penggunaan softlens tidak dibenarkan dan tidak dianjurkan. Sebab, softlens yang digunakan dapat koyak atau sobek dalam mata, sehingga tidak nyaman dan bisa menimbulkan beberapa gangguan mata. Kenapa softlens bisa koyak ketika digunakan untuk tidur? Hal ini dapat terjadi karena saat tidur softlens mengalami kekurangan oksigen dan mudah bergerak – gerak di dalam mata, sehingga softlens dapat pecah dan koyak. Selain itu, softlens dapat pula koyak saat melepasnya. Sebaiknya gunakan obat tetes khusus softlens sebelum melepas lensa dalam mata.

  • Infeksi Kornea
Infeksi biasa terjadi karena adanya kuman, virus dan jamur serta infeksi juga dapat terjadi pada kornea mata. Penyebab dari infeksi kornea ini adalah kurangnya kebersihan lensa kontak sehingga menyebabkan terjadinya infeksi pada kornea mata. Bagi pengguna softlens sebaiknya selalu menjaga kebersihan lensa yang akan digunakan supaya tidak dapat ditumbuhi beberapa macam kuman, bakteri dan jamur pada lensa.

  • Hypoxia
Hypoxia merupakan keadaan dimana ukuran lensa dapat terlalu besar atau terlalu kecil sehingga tidak nyaman saat digunakan. Hal tersebut dapat saja terjadi karena salah saat memilih softlens. Sebaiknya, saat ingin memilih lensa kontak, ketahui terlebih dahulu kadar air mata yang sesuai dengan lensa yang akan dipakai. Apabila memiliki kadar air mata yang lumayan banyak, maka gunakan lensa yang memiliki kadar air sedikit.

  • Noda Kornea
Noda pada kornea dapat saja terjadi saat menggunakan softlens yang ketat pada mata. Sehingga menyebabkan mata menjadi alergi dan kekurangan oksigen. Selain itu, akan timbul noda pada kornea mata dan mata akan lebih sensitive terhadap cahaya.

  • Edema
Edema merupakan penyakit pada mata yang menyebabkan mata merah dan berair pada saat melepas lensa pada mata serta pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mata yang kekurangan oksigen dan kelelahan sehingga mengakibatkan pandangan kabur. Sebaiknya saat kondisi seperti ini, berhentilah menggunakan softlens mulai dari sekarang dan istirahatkan mata supaya mendapatkan oksigen serta kembali fresh. Atau konsultasikan segera ke dokter.

  • Blepharitis
Tidak semua orang cocok dengan softlens yang digunakan, sehingga menimbulkan beberapa macam gangguan pada mata seperti inflamasi pada kelopak mata. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit blepharitis adalah kornea serasa terbakar, muncul kerak di kelopak mata, dan pembuluh darah di sekitar bola mata akan tampak lebih jelas. Untuk pengobatan dapat dilakukan dengan cara mengkompres mata menggunakan air hangat dan memeriksakan ke dokter mata agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Demikian tadi dampak dari penggunaan kontak lensa atau softlens bagi kesehatan mata. Jadi, penggunaan kontak lensa memang dapat mempercantik dan dapat digunakan sebagai pengganti kacamata yang lebih efisien serta mudah digunakan. Namun, penggunaan softlens yang keseringan dan kurang benar dapat menimbulkan beberapa macam gangguan mata seperti yang telah dibahas diatas tadi. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D