Manfaat Makan Jamur bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Konsumsi Jamur 

Jamur merupakan jenis sayuran yang kaya akan manfaat dan nutrisi di dalamnya. Jamur memiliki jenis dan bentuk yang bermacam – macam, ada yang dapat di makan dan ada juga yang tidak dapat dimakan. Biasanya jamur yang berwarna merah atau orange tidak dapat dimakan karena mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh. sedangkan untuk jamur yang dapat dimakan, seperti jamur tiram, jamur barat, jamur kuping dll.

Jamur memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama ditemukan pada daging, biji – bijian dan kacang –kacangan. Rasanya yang lezat membuat jamur sangat digemari oleh banyak orang. Tak hanya itu, jamur juga bermanfaat bagi kesehatan, nah apa saja manfaat jamur bagi tubuh kita? Simak terus ya!


Khasiat Makan Jamur untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Jamur bagi Kesehatan Tubuh
Sumber Gambar:
http://www.pdpics.com/photo/1865-mushrooms-food/

  • Mencegah Kanker dan Tumor
Dengan mengkonsumsi jamur secara rutin dapat mencegah terjadinya kanker, terutama kanker payudara. Jenis jamur shitake merupakan jamur yang dapat mencegah pertumbuhan sel tumor. Sehingga dengan mengkonsumsi jamur akan terhindar dari penyakit kanker dan tumor.

  • Menguatkan Tulang
Jamur merupakan salah satu sayuran yang dapat menyuplai kebutuhan vitamin D untuk tubuh. Vitamin D sendiri memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tulang. Selain itu, ekstrak dari jamur kancing juga mengandung vitamin D2 dan vitamin D3.

  • Mencegah Penyakit Kronis
Antioksidan tinggi dapat ditemukan pada jamur. Antioksidan tersebut dapat melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab polusi dan gangguan kesehatan lainnya, seperti penyakit kronis.

  • Meningkat Sistem Imun
Jamur memiliki kandungan protein dan zat antivirus yang bermanfaat meningkat sistem imun, sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit imun. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan melindungi organ sel. Jamur mampu melindungi sumsum tulang dari invasi mikroba dengan cara meningkatkan kesehatan pada sel dendritik.

  • Menurunkan Berat Badan
Jamur dapat di masukan ke daftar makanan program diet yang sedang dijalani. Mulai konsumsi jamur sebagai pengganti daging yang rendah lemak dan dapat membuat berat badan menurun dan mengurangi lingkar pinggang, sehingga akan terlihat lebih langsing dan ideal.

Demikian tadi manfaat mengkonsumsi jamur bagi kesehatan. Jadi, jamur tidak hanya enak dan lezat untuk dikonsumsi, tetapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tapi pastikan jika jamur yang Anda konsumsi adalah jamur yang sehat dan jangan sampai salah jamur yang beracun. Jadi, sebelum memasak, sebaiknya teliti dahulu atau tanyakan pada ahlinya mengenai jamur tersebut bisa dikonsumsi atau tidak.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D