Khasiat Ikan Nila bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Konsumsi Ikan Nila untuk Kesehatan


Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar dan memiliki rasa yang enak dan lezat. Ikan nila adalah ikan yang berasal dari Afrika bagian utara dan sungai Nil. Namun, sekarang ikan nila sudah menyebar luas, salah satunya ke kawasan Asia. Indonesia merupakan salah satu tempat persebaran ikan nila tersebut dan sudah banyak dibudidayakan untuk dijual. Ikan nila dapat juga hidup secara liar di kolam, rawa – rawa atau perairan yang memiliki air tenang. Harga per kilo ikan nila cukup  murah dan selain itu manfaat ikan nila baik bagi kesehatan, salah satunya mencegah terjadinya penuaan dini. 

Manfaat Makan Ikan Nila bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan



Kandungan gizi ikan nila terhitung cukup banyak, diantaranya terdapat vitamin, protein, mineral dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu ada pula kandungan omega-3 yang baik untuk otak, fosfor, selenium dan kalium. Nah, untuk lebih jelasnya manfaat apa saja yang didapat dari mengkonsumsi ikan nila bagi kesehatan, simak terus manfaatnya berikut ini.

Manfaat Ikan Nila



  • Mencegah Penuaan Dini

Ikan nila memiliki kandungan antioksidan, yaitu selenium yang bermanfaat untuk meremajakan kulit dan merangsang vitamin C dan E dalam tubuh, sehingga mampu menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan ini mencukupi 20% kebutuhan akan selenium per harinya. Jadi, dengan adanya kandungan antioksidan di dalam ikan nila mampu menangkal adanya radikal bebas penyebab kulit keriput, sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini. 



  • Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan

Ikan nila mengandung protein yang sangat tinggi, sehingga mampu mencukupi kebutuhan protein setiap harinya. Manfaat yang di dapat yakni membantu perkembangan organ, otot dan sel dalam tubuh serta memperlancar sistem metabolisme.



  • Membantu Menurunkan Berat Badan 

Tingginya kandungan protein pada ikan nila dapat membantu menurunkan berat badan, selain itu ikan nila juga rendah lemak dan kalori. Jadi, ikan nila menjadi menu yang wajib ada dalam menu program diet atau penurunan berat badan, tanpa tersiksa oleh program diet yang sangat ketat. 



  • Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan nila memiliki kandungan fosfor di dalamnya yang merupakan jenis mineral penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Mineral ini mampu menjaga kekuatan tulang sampai tua nanti dan mencegah terjadinya tulang keropos atau osteoporosis. 



Jadi, itulah tadi manfaat ikan nila bagi kesehatan terutama dapat mencegah terjadinya penuaan dini karena kandungan selenium yang merupakan antioksidan pencegah radikal bebas. Selain itu, selenium ternyata mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D